Suap Proyek Dana Otsus, KPK Bekukan Rekening Gubernur Aceh & Saksi Tercekal - GROBOGAN TOP NEWS

Suap Proyek Dana Otsus, KPK Bekukan Rekening Gubernur Aceh & Saksi Tercekal


TOPNEWS.COM  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemanggilan terhadap sejumlah saksi dalam kasus dugaan suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018 yang menjerat Gubernur Aceh nonaktif  Irwandi Yusuf.  Mereka akan diperiksa, Rabu (18/7/2018) di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada,  Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2018) hari ini.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, sebagian dari saksi yang dipanggil besok itu, telah dicegah bepergian ke luar negeri. Mereka itu antara lain Kepala Biro ULP Provinsi Aceh Nizarly, mantan Kadis PU Aceh Rizal Aswandi, Steffy Burase, T. Saiful Bahri, dan Hendri Yuzal.
Febri mengimbau kepada para pihak yang dipanggil KPK  agar memenuhi panggilan dan koperatif dalam penyidikan perkara tersebut.
KPK meminta pihak bank membkokir rekening para tersangka dan beberapa saksi yang dicegah keluar negeri. Sebab rekening mereka diduga menerima aliran dana terkait dengan perkara tersebut.
“KPK telah mengirimkan surat kepad bank untuk pembekuan rekening para tersangka dan salah satu saksi yang dicegah ke luar negeri. Rekening saksi tersebut dibekukan karena diduga terkait dengan kasus yang sedang disidik,” kata Febri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/7/2018).
KPK telah menetapkan Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf bersama dua pihak swasta Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri serta Bupati Kabupaten Bener Meriah Ahmadi sebagai tersangka. Mereka terlibat dalam kasus dugaan suap proyek-proyek yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) Aceh tahun anggaran 2018.
Irwandi diduga menerima suap dari Ahmadi sebesar Rp 500 juta.  Suap ini diduga bagian dari Rp 1,5 miliar yang diminta Irwandi terkait fee ijon proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Provinsi Aceh Tahun Anggaran 2018. (syam/TN)


Suap Proyek Dana Otsus, KPK Bekukan Rekening Gubernur Aceh & Saksi Tercekal Suap Proyek Dana Otsus, KPK Bekukan Rekening Gubernur Aceh & Saksi Tercekal Reviewed by samsul huda on July 17, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD