Cegah Korups di Dunia Peradilan, MA Gandeng KPK Periksa Jalannya Tiap Perkara - GROBOGAN TOP NEWS

Cegah Korups di Dunia Peradilan, MA Gandeng KPK Periksa Jalannya Tiap Perkara


TOPNEWS.COM – Mahkamah Agung (MA) dan jajarannya di tingkat pengadilan dan jajarannya tak mau kecolongan ditangkap Komisi Pemberansatan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) seperti yang sebelumnya. Maka praktik korupsi di dunia peradilan menjadi konsentrasi Mahkamah Agung (MA) setiap tahunnya.
Kini, MA menguatkan lagi kerja sama dengan (KPK) dalam pemberantasan korupsi di tingkat pengadilan. Hal itu dilakukan untuk menekan hakim dan panitera di tingkat pengadilan terjerat tindak pidana korupsi.
Kepala Badan Pengawas Mahkamah Agung Nugroho Setiadji mengatakan, bentuk kerjasama dengan KPK adalah melakukan pemeriksaan rutin terhadap alur perkara di pengadilan.
"Kita lakukan pemeriksaan rutin ke pengadilan. Jalannya perkara dari masuk sampai putusan itu sesuai SOP tida. Ada tidak aroma-aroma kolusi makanya kita libatkan KPK karena ini ide dari KPK juga," katanya dalam Lokakarya media yang didukung EU-UNDP Sustain di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/7/2018) kemarin.
Jika nantinya KPK menemukan dugaan pelanggaran hakim ataupun pegawai pengadilan akan didata untuk dilakukan pemeriksaan guna klarifikasi oleh Badan Pengawas MA. Selain KPK, peran media masa dalam pembenahan sektor peradilan sangat penting.
Dia mengakui semenjak banyaknya pegawai pengadilan ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT), Bawas MA rajin memantau pemberitaan berkaitan isu peradilan.
Bukan tanpa sebab, berdasarkan pemberitaan di media masa, turut membantu ada tidaknya pelanggaran hakim ataupun pegawai pengadilan. Sekaligus menimbang kinerja para hakim dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. (syam/TN)

Cegah Korups di Dunia Peradilan, MA Gandeng KPK Periksa Jalannya Tiap Perkara Cegah Korups di  Dunia Peradilan, MA Gandeng KPK Periksa Jalannya Tiap Perkara Reviewed by samsul huda on July 17, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD