OTT Purbalingga, KPK Telusuri Suap Bupati Tasdi Dari Proyek APBD Yang Lain - GROBOGAN TOP NEWS

OTT Purbalingga, KPK Telusuri Suap Bupati Tasdi Dari Proyek APBD Yang Lain


JAKARTA (TopNews.Com) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga suap yang diterima Bupati Purbalingga Tasdi  tidak hanya berasal dari proyek pembangunan Islamic Center saja. KPK akan mendalami dugaan penerimaan suap terhadap bupati itu, dalam proyek-proyek APBD lainnya di Pemkab Purbalingga.
"Kami akan dalami dulu. Yang bersangkutan diduga menerima sebelum-sebelumnya, untuk proyek yang lain. Soal komitmen bukan cuma dari proyek ini. Kami akan dalami beberapa proyek yang kemungkinan komitmennya diterima," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).
Kendati begitu, Agus enggan menjelaskan rinci proyek-proyek apa saja yang diduga menjadi celah Tasdi untuk menerima suap. Menurut dia, Tim KPK saat ini berada di Purbalingga untuk melakukan penggeledahan dan pencarian alat bukti.
"Mudah-mudahan dari situ juga menemukan fakta dan data terkait dengan beberapa kasus yang mungkin terkait dengan beberapa kasus lain," ujar Agus.
Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Purbalingga Tasdi sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan Purbalingga Islamic Center.
KPK juga menetapkan empat orang lainnya sebagai tersangka. Hadi Iswanto selaku Kabag Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Purbalingga, dan tiga pihak swasta, Hamdani Kosen, Librata Nababan, dan Ardirawinata Nababan.
 Bupati Tasdi diduga menerima uang Rp 100 juta dari pemenang proyek pembangunan Purbalingga Islamic Center tahap dua tahun 2018 dengan nilai proyek Rp 22 miliar.
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, diduga pemberian uang tersebut bagian dari komitmen fee sebesar 2,5 persen dari total nilai proyek, yaitu Rp 500 juta.
Ia mengatakan, proyek pembangunan Purbalingga Islamic Center merupakan program multi years yang dikerjakan selama 3 tahun sejak 2017 hingga 2019 senilai total Rp 77 miliar.
"Tahun Anggaran 2017 sekitar Rp 12 miliar, Tahun Anggaran 2018 sekitar Rp 22 miliar, dan Tahun Anggaran 2019 sekitar Rp 43 miliar," kata Saut. (syam/TN)

OTT Purbalingga, KPK Telusuri Suap Bupati Tasdi Dari Proyek APBD Yang Lain OTT Purbalingga, KPK Telusuri Suap Bupati Tasdi Dari Proyek APBD Yang Lain Reviewed by samsul huda on June 06, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD