KPK Periksa Belasan OPD di Pemkab Garut - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Periksa Belasan OPD di Pemkab Garut


TOPNEWS.Com -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa belasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tidak diketahui dalam kasus apa, komisi itu mengadakan pemeriksaan di daerah tersebut.
Pjs Bupati Garut Koesmayadi Tatang Padmadinata mengatakan, pemeriksaan itu untuk memastikan ada atau tidaknya pelanggaran hukum dalam penggunaan anggaran yang mengarah pada tindak pidana korupsi. 
"Ada sekitar 11 OPD yang diperiksa, antara lain Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perizinan dan lainnya," kata Koesmayadi di Pendapa Pemkab Garut, Minggu (29/4/2018). 
Ia mengatakan, ada dua orang KPK dari Deputi Pencegahan yang sengaja didatangkan ke Kabupaten Garut dalam kegiatan itu. Upaya tersebut untuk mengetahui dan memeriksa secara langsung kinerja tiap OPD dalam penggunaan anggaran anggaran negara.
"Memang saya sengaja undang, jadi bukan langsung datang. Kami di provinsi saat pembahasan biasa di belakangnya ada mereka (KPK)," ujarnya.
Pemeriksaan itu katanya, merupakan sesuatu hal lumrah yang biasa dilakukan KPK untuk melakukan pencegahan, sekaligus peringatan bagi ASN agar tidak melakukan tindak pidana korupsi di Garut.
"Ini sifatnya peringatan. Saya juga sering mengingatkan, hati-hati loh," jelasnya.
Kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) KPK itu kerap dilakukan dalam pembahasan anggaran di Provinsi Jawa Barat.  Mereka stanbay di Gedung Sate Bandung. Jadi mereka mengetahu semua kegiatan yang dilakukan di Pemkot dan Pemkab di Jabar. (syam/TN)

KPK Periksa Belasan OPD di Pemkab Garut KPK Periksa Belasan OPD di Pemkab Garut Reviewed by samsul huda on May 01, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD