Masih Dalam Proses Finishing, Uji Coba Proyek Intalasi Pengolahan Air PDAM Batal - GROBOGAN TOP NEWS

Masih Dalam Proses Finishing, Uji Coba Proyek Intalasi Pengolahan Air PDAM Batal



GROBOGAN (TopNews)  –  Uji coba proyek Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM di Sambak Danyang, Purwodadi, batal dilakukan. Sebab proyek yang didanai dari penyertaan modal APBD 2017 Rp 7,1 miliar itu, diduga masih dalam penyelesaian proses finishing.
Sebelumnya Dirut PDAM Grobogan Bambang Pulunggono mengatakan, bahwa perpanjangan pelaksanaan proyek IPA itu, bakal selesai 31 Januari 2018. Sehingga 1-7 Februari 2018 pihaknya langsung mengadakan uji coba mengolah air baku dari Kedungombo ke IPA tersebut, untuk didistribusikan ke pelangggan. 
Namun sampai 2 Februari 2018, proyek itu belum siap untuk diujicoba. Tidak ada penjelasan dari pihak PDAM mengenai batalnya uji coba IPA. Dirut PDAM Bambang Pulunggono yang dikonfirmasi lewat SMS tidak memberikan jawaban.
Sesuai kontrak proyek IPA seharusnya selesai dikerjakan 100 % pada 20 Desember 2017. Namun pada tanggal itu, progresnya kurang dari 90 %, sehingga PT Mario Karya Abadi Semarang sebagai pelaksana mengajukan perpanjangan 1 bulan. Meskipun terkena denda kelambatan per hari Rp 7 juta.
Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Grobogan dipimpin Kajari Edi Handojo, 9 Nopember 2017 sidak ke proyek itu. Mereka diterima Dirut PDAM Bambang Pulunggono dan perwakilan pelaksana, Sutjipto.
Dalam sidak itu, tim menemukan pengerjaan proyek IPA tersebut di bawah progres. Karena progresnya baru mencapai 40  prosen, dari seharusnya 80 prosen. Saat itu, proses pelaksanaan baru dalam taraf pemasangan rangka besi dan penyelesaian pengecoran.
Sesuai kontrak proyek itu, harus selesai 100 % pada 20 Desember 2017. Kemarin genset, dan pipa-pipa penyalur bahan baku ke IPA sudah terpasang. Namun pelaksana minta supaya pengecoran instalasi ditunggu sampai umur 28 hari. Sebab kalau dipaksakan dikhawatirkan kekuatannya untuk menampung air dalam debit besar kurang maksimal.
IPA baru itu, nantinya bakal mampu mengolah air baku ke 50 liter per detik. Dengan itu diharapkan tidak ada lagi kendala mengenai distribusi air bersih ke pelanggan.
Pelanggan di Kota Purwodadi saat ini tercatat 14.765 orang. Mereka mendapatkan distribusi air bersih dari Kedung Ombo melalui Bendung Sidorejo Geyer  50 liter perdetik. Namun masih belum mampu mencukupi kebutuhan pelanggan secara lancar.
Ukuran bangunan IPA itu 11x18 meter dengan ketinggian 6,5 meter. (syam/TN)
Masih Dalam Proses Finishing, Uji Coba Proyek Intalasi Pengolahan Air PDAM Batal Masih Dalam Proses Finishing, Uji Coba Proyek Intalasi Pengolahan Air PDAM Batal Reviewed by samsul huda on February 02, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD