Proyek IPA PDAM Grobogan Belum Ada Tanda-tanda Rampung 100 Persen - GROBOGAN TOP NEWS

Proyek IPA PDAM Grobogan Belum Ada Tanda-tanda Rampung 100 Persen


GROBOGAN (TopNews) – Proyek Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM di komplek instalasi pengolahan Sambak Danyang, Purwodadi, Grobogan (Jateng), belum ada tanda-tanda rampung 100 persen. Karena sejumlah tenaga kerja, Kamis (4/1/2018) kemarin masih sibuk mengerjakan finishing proyek tersebut.
Proyek IPA itu, seharusnya rampung dikerjakan 100 persen pada 20 Desember 2017. Namun pada tanggal tersebut progresnya kurang dari 90 persen. Sehingga PT Mario Karya Abadi Semarang sebagai pelaksana proyek tersebut dikenakan denda kelambatan Rp 7 juta/hari.
Sesuai pengajuan PT Mario ke PPkom, proyek itu akan diperpanjang waktu pelaksanaannya hingga 50 hari ke depan.  Demikian dikatakan Direktur PDAM Grobogan Bambang Pulunggono kepada awak media di Purwodadi, Grobogan, Kamis (4/1/2018).
Ia mengatakan,  saat ini progres pembangunan IPA itu, berkisar 90 persen. Kekurangannya 10 persen untuk pekerjaan finishing. Diperkirakan, awal Februari 2018,  proyek tersebut baru rampung 100 persen.
Rencananya begitu PPkom menerima penyerahan pertama (PHO) dari pihak pelaksana, proyek IPA itu akan langsung diujicoba. Termasuk sistem pengolahannya. Jika pengolahannya tidak memenuhi standar sebagai air bersih layak minum, mandi dan cuci, maka PPKom tidak akan membayar pekerjaan tersebut.
‘’Setelah hasil uji coba dinyatakan layak, maka pertengahan Februari 2018 dioperasionalkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada pelanggan,’’ ujarnya.
Proyek itu dibiayai melalui penyertaan modal APBD Kabupaten Grobogan tahun anggaran 2017 sebesar Rp 7,1 miliar. Melalui IPA baru tersebut diharapkan pelayanan air bersih bagi pelanggan di Kecamatan Purwodadi Kota dan sekitarnya, tercukupi. Meskipun dalam keadaan kemarau panjang.
Selain itu, mutu air bersih betul-betul dalam keadaan bersih. Tidak seperti sekarang dalam keadaan keruh. Itupun pada musim kemarau distribusinya ke pelanggan tidak lancar. Sehingga menyebabkan pelanggan mengeluh. (syam/TN)




Proyek IPA PDAM Grobogan Belum Ada Tanda-tanda Rampung 100 Persen Proyek IPA PDAM Grobogan Belum Ada Tanda-tanda Rampung 100 Persen Reviewed by samsul huda on January 04, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD