Bupati Grobogan Peroleh Penghargaan Bebas KKN Dalam Lelang Jabatan Terbuka - GROBOGAN TOP NEWS

Bupati Grobogan Peroleh Penghargaan Bebas KKN Dalam Lelang Jabatan Terbuka



GROBOGAN (TopNews) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberikan penghargaan atas terlaksananya lelang jabatan secara terbuka di Pemkab Grobogan November 2017.  Penghargaan itu diberikan  karena lelang jabatan tersebut bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) terhadap tiga pejabat eselon II atau pejabat tinggi pratama.
Penghargaan itu diterima Bupati Grobogan Sri Sumarni di Auditorium Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2017) malam.
Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan hadiah dan anugerah untuk Pemkab Grobogan di penghujung tahun 2017. Ke depan, katanya, pihaknya akan selalu terbuka dan patuh dalam menyelenggarakan seleksi pengisian jabatan tinggi.
‘’Hal ini menjadi komitmen kami bersama dan keberhasilan bersama,” kata Bupati Sri.  Menurut KASN, penghargaan itu diberikan Pemkab Grobogan karena dalam mengelola lelang jabatan terbuka dinilai memenuhi kriteria dari kategori kepatuhan dan kualitas kelola seleksi pengisian jabatan pimpinan tertinggi.
Grobogan dinilai berhasil melaksanakan tahapan-tahapan seleksi lelang jabatan terbuka dari mulai pendaftaran, asesmen, hingga pelantikan pejabat terpilih. Intinya Pemkab Grobogan dalam mengisi jabatan itu, bebas dari suap, pendekatan politik maupun kepentingan pribadi dan kelompok.
Pemkab Grobogan juga dipandang mampu melaksanakan lelang jabatan itu, sesuai amanat undang-undang No 5 tahun 2014, bahwa pengisian jabatan pimpinan tertinggi dilakukan dengan sistem seleksi ASN secara terbuka, objektif dan transparan. Pemilihan juga didasarkan pertimbangan aspek integritas dan moralitas.
Bupati Sri berharap, pemberian penghargaan itu, menjadi sebuah motivasi kinerja pemerintah yang bersih dan berwibawa. Sehingga para pejabat bisa menjadi pelopor untuk bekerja secara profesional dan bijaksana serta dapat mengembangkan kerjasama dalam kepemimpinannya tersebut.
Selain Bupati Grobogan, penghargaan juga diberikan pada enam bupati dan dua walikota lain se-Indonesia. Penghargaan juga diberikan pada enam gubernur. Satu diantaranya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sebelumnya diberitakan, bahwa pelantikan tiga pejabat tinggi pratama di Pemkab Grobogan, Rabu (6/12/2017) terhadap pejabat terpilih dari lelang jabatan terbuka di Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) bebas dari isu jual beli jabatan. Hal itu diduga akibat Bupati Sri Sumarni digembleng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Worshop Integritas bersama DPRD Jateng bebetapa bulan lalu. Workshop tersebut didampingi langsung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.
Dalam Workshop itu, Ketua KPK Agus Rahardjo minta bupati dan Anggota Dewan betul-betul menghayati dan mengamalkan mengenai integritas sebagai penyelenggara negara. Dan jangan menjadikan hal itu sebagai seremonial belaka. Sebab beberapa bulan lalu, Bupati Klaten Sri Hartini juga ikut menandatangani fakta integritas di KPK, tetapi malah tertangkap karena melakukan jual beli jabatan. (syam/TN)



Bupati Grobogan Peroleh Penghargaan Bebas KKN Dalam Lelang Jabatan Terbuka Bupati Grobogan Peroleh Penghargaan Bebas KKN Dalam Lelang Jabatan Terbuka Reviewed by samsul huda on January 01, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD