Panglima Gatot Nurmantyo: Tidak Ada TNI Berpolitik Praktis - GROBOGAN TOP NEWS

Panglima Gatot Nurmantyo: Tidak Ada TNI Berpolitik Praktis

CILEGON (TopNews) - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memastikan bahwa, tidak akan ada anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ikut serta dalam politik praktis. Jika ada oknum TNI berpolitik praktis, pihaknya minta segera dilaporkan.
"Jadi kalau memang ada informasi itu silakan laporkan," kata Gatot usai perayaan HUT ke-72 TNI  di Cilegon, Kamis (5/10/2017).
Namun, menurut Gatot, laporan itu harus sesuai dengan fakta. Jangan sampai informasi yang diberikan setengah-setengah. Artinya, informasi adanya anggota TNI yang berpolitik praktis harus jelas kebenarannya.
Ia mengatakan, para pendahulu TNI sudah menjelaskan dan menegaskan bahwa politik negara sudah tercantum dalam sumpah prajurit. Dengan demikian, semuanya sudah jelas politik negara yang dijalankan TNI memastikan bahwa setiap anggota harus setia dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuai dengan Undang-Undang Dasar (UUD) dan Pancasila.
Menurutnya, TNI memiliki kewajiban menjaga kedaulatan negara dan menjaga rakyat. Hal ini menerangkan bahwa pengabdian kepada rakyat menjadi hal paling utama yang harus dilakukan semua anggota TNI.
Kepetingan rakyat adalah segalanya karena negara ini dimerdekakan oleh rakyat. Rakyat menjadi ibu kandung TNI yang tidak bisa dilepaskan.
Di samping itu, TNI juga harus mengabdi kepada panglima tertinggi dalam hal ini Presiden Joko Widodo. Sumpah untuk setia telah ditarik ketika anggota TNI mengikrarkan diri setia pada negara. "Kami pun bersumpah setia dan taat kepada atasan dalam hal ini presiden yang dipilih secara konstitusi. Ini kan pemerintahan yang sah. Dan itu adalah politik negara TNI," jelas Gatot. (syam/TN)
Panglima Gatot Nurmantyo: Tidak Ada TNI Berpolitik Praktis Panglima Gatot Nurmantyo: Tidak Ada TNI Berpolitik Praktis Reviewed by samsul huda on October 05, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD