IPA Baru PDAM Selesai Desember, Distribusi Air Bersih Dipastikan Normal - GROBOGAN TOP NEWS

IPA Baru PDAM Selesai Desember, Distribusi Air Bersih Dipastikan Normal


GROBOGAN (TopNews) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Grobogan (Jateng) membangun lagi Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Jalan HM Tamrin, satu lokasi dengan instalasi lama di Sambak Danyang. IPA itu dibangun dengan dana penyertaan modal Pemkab Grobogan tahun 2017 sebesar Rp 7 miliar.
Dari Bagian Perekonomian Pemda Grobogan menginformasikan, bahwa dana penyertaan modal dari Pemda untuk PDAM tahun 2017 sebesar Rp 8,6 miliar. Dari dana itu, sebesar Rp 7 miliar di antaranya digunakan untuk membangun IPA berukuran 15 x 9 meter. Selebihnya Rp 1,6 miliar untuk membenahi manajemen. Karena Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melalui auditnya menyatakan, bahwa manajemen PDAM kurang sehat.
Dirut PDAM Grobogan Bambang Pulonggono mengatakan, pengerjaan fisik IPA itu, telah dimulai awal Oktober 2017.  Sesuai kontrak, pengerjaan IPA baru tersebut, selesai akhir Desember 2017.
‘’Begitu selesai langsung kita uji coba,’’ kata Dirut PDAM Grobogan Bambang Pulonggono di Purwodadi, Grobogan, kemarin.
Jajaran pengawas PDAM juga menyarankan, begitu proyek IPA itu diserahkan dari kontraktor ke PDAM, sebaiknya langsung diujicoba mengolah air baku dari Kedungombo melalui Bendung Sidorejo Geyer menjadi air bersih.  Uji coba tersebut berlangsung selama masa pemeliharaan, yaitu enam.
Dengan itu bila didapati kerusakan di intalasi tersebut kontraktor langsung diminta memperbaiki. Bahkan mengganti komponen IPA yang dinilai tidak standar. Bambang Pulongono mengatakan, melalui IPA baru itu, diharapkan distribusi air bersih ke pelanggan lancar dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara maksimal. Sebab instalasi tersebut mampu mendistribusikan air bersih 50 liter/detik.
Ia mengakui, kualitas air PDAM selalu dikeluhkan pelanggan. Sebab airnya kurang jernih dan mengandung lumpur. Bahkan distribusinya sering ngadat di beberapa titik, terutama di siang hari. Sehingga pelanggan dengan aktifitas tinggi tidak terpenuhi kebutuhannya.
‘’Kami terus berbenah hingga semuanya jadi baik,’’ kata Bambang. (syam/TN)
IPA Baru PDAM Selesai Desember, Distribusi Air Bersih Dipastikan Normal IPA Baru PDAM Selesai Desember, Distribusi Air Bersih Dipastikan Normal Reviewed by samsul huda on October 26, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD