Polisi Tetapkan Satu Tersangka OTT Pungli Sertifikasi Guru SMA di Disdik Sumsel - GROBOGAN TOP NEWS

Polisi Tetapkan Satu Tersangka OTT Pungli Sertifikasi Guru SMA di Disdik Sumsel


PALEMBANG (Top News) - Penyidik Polda Sumsel menetapkan Asni (45), sebagai tersangka pungli serttifikasi guru di daerahg itu. Ia tertangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Dinas Pendidikan Sumsel ketika tengah mendata permohonan sertifikasi guru-guru SMA se - Sumsel.
Terkait OTT itu, polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang pejabat Disdik Sumsel. Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan, penetapan tersangka Asni dilakukan setelah alat bukti dinyatakan lengkap. Penyidik kemudian menahan Asni di Mapolda Sumsel.
"Untuk kasus OTT di Disdik Sumsel, Kamius 20 Juli 2017, penyidik telah menetapkan satu orang tersangka berinisial A dan langsung ditahan. Sedangkan yang lain masih terus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,"  kata Agung di Mapolda Sumsel, Jumat (21/7/2017).
Saat ini penyidik masih mendalami aliran dana pungutan liar yang terjadi di Disdik Sumsel. Penyidik juga menelusuri pihak-pihak yang diduga terlibat karena pungli terkait sertifikasi guru tingkat SMA/SMK di Sumsel terjadi sejak pertengahan Juni 2017.
"Sampai saat ini baru A yang kita tetapkan sebagai tersangkanya, tapi yang lain masih tetap kita lakukan penyelidikan dan apabila terbukti akan tetap kita proses. Termasuk Kepala Seksi di Disdik Sumsel, Kepala Bidang dan staf lain akan kita lakukan penyelidikan," ujarnya.
Agung menyebut dari OTT yang dilakukan Satgas Saber Pungli, ikut disita uang Rp 30 juta. Diduga uang itu dari hasil pungutan permohonan sertifikasi guru-guru SMA/SMK se-Sumsel.
"Barang bukti berkas-berkas dari ruang sertifikasi sudah kita amankan. Sementara untuk uang tunai itu ada sekitar Rp 30 jutaan dari hasil pengembangan dan masih terus ditelusuri," kata Agung.
Sampai Minggu (23/7/2017) kemarin, penyidik masih memeriksa sejumlah orang di Mapolda Sumsel, antara lain Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Pendidik(PTK) Syarial Efendi, Kepala Seksi PTK SMK Fery Nursyamsu, Kepala Seksi SMA Kusdi Nawar dan satu orang staf Disdik Sumsel. (syam/TN)


Polisi Tetapkan Satu Tersangka OTT Pungli Sertifikasi Guru SMA di Disdik Sumsel Polisi Tetapkan Satu Tersangka OTT Pungli Sertifikasi Guru SMA di Disdik Sumsel Reviewed by samsul huda on July 23, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD