Jokowi: Kebhinekaan Kita Diuji - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi: Kebhinekaan Kita Diuji


JAKARTA (Top News)  - Presiden Joko Widodo memperingati  hari lahir Pancasila dengan menjadi inspektur upacara di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri. Presiden Jokowi mengatakan, upacara peringatan ini merupakan kali pertama digelar.
"Hal ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila," kata Jokowi di Jakarta, Kamis, 1 Juni 2017.
Di hadapan peserta upacara yang terdiri dari pejabat negara, menteri Kabinet Kerja, dan anak sekolah, Presiden Jokowi mengingatkan kembali tentang Indonesia yang beragam. Sudah menjadi takdir bagi Indonesia memiliki berbagai budaya, suku, dan agama.
Jokowi juga menyoroti kehidupan berbangsa yang belakangan ini dihadapi Bangsa Indonesia. "Kebhinekaan kita sedang diuji. Ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila," ujarnya.
Sikap intoleran muncul dengan berbagai wajah seperti penyalahgunaan media sosial, penyebaran berita bohong, dan ujaran kebencian. Presiden mengingatkan tentang sejumlah negara yang tak henti dilanda konflik lantaran gagal mencegah radikalisme dan meredam perang saudara. "Dengan Pancasila dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika kita bisa terhindar dari masalah tersebut," jelasnya.
Karena itu, pemerintah selalu waspada terhadap gerakan dan pemahaman yang bertentangan dengan Pancasila.  Presiden Jokowi menyatakan akan menindak tegas organisasi dan gerakan yang anti Pancasila.  Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap paham komunisme yang dilarang di Indonesia.
Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah telah membentuk unit kerja pemantanapan idiologi Pancasila. Unit kerja itu di bawah presiden, dibentuk untuk menanggulangi intoleransi yang mengganggu kebhinekaan.
Pada upacara peringatan hari lahir Pancasila, para tamu yang hadir mengenakan pakaian adat dari daerah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, misalnya, mengenakan pakaian dari daerah Batak Toba, Sumatera Utara. Sementara Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla kompak mengenakan pakaian khas Betawi. (syam/TN)

Jokowi: Kebhinekaan Kita Diuji Jokowi: Kebhinekaan Kita Diuji Reviewed by samsul huda on June 01, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD