Kompolnas Selidiki Aksi Kekerasan di Akpol - GROBOGAN TOP NEWS

Kompolnas Selidiki Aksi Kekerasan di Akpol



SEMARANG ( Top News) – Kompolnas mengusut aksi kekerasan yang terjadi di Akpol Semarang, Jateng. Komisi kepolisian itu menyelidiki aksi kekerasan yang dilakukan angkatan III, senior korban. Padahal Kapolri Jenderal Tito Karnavian beberapa bulan lalu, telah meminta Taruna Akpol menghentikan aksi kekerasan. Karena hal itu dinilai lebih banyak mandorot daripada manfaatnya.
 ‘’Kami ke Akpol ingin melihat mengapa masih terjadi aksi kekerasan. Soal penanganan pidananya sudah ditangani Polda Jateng dan Kompolnas tidak ikut campur,’’ kata juru bicara Kompolnas Andrea H Poeloengan di Semarang, Sabtu (20/5/2017).
Ia mengatakan, Kompolnas menyelidiki pola pembinaan dan pengasuhan yang mengarah kea rah larangan kekerasan. Karena melihat tewasnya Taruna Angkatan II M Adam itu, sepertinya pola pembinaan dan pengasuhannya lemah. Sehingga kekerasan dari senior ke yunior terjadi lagi.
‘’Akpol tidak mendidik pola pembinaan dan sanksi dengan cara kekerasan. Bahkan hal itu oleh Kapolri Tito masuk program prometer. Namun entah karena apa, hal tersebut terjadi. Ini yang jadi fokus kami datang ke Akpol ini,’’ kata Andrea.
Sementara itu  Polda Jawa Tengah masih berupaya menuntaskan penyelidikan atas Brigadir Dua Taruna Akpol Muhammad Adam, yang tewas di tangan para seniornya. Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono tidak membantah bahwa pelaku penganiayaaan Adam lebih dari satu orang.
Polisi telah memeriksa 35 orang taruna sebagai saksi. Dari mereka itu, 21 orang taruna tingkat II, selebihnya taruna tingkat III. Polisi menduga pelaku penganiayaan salah satunya adalah saksi yang diperiksa.
"Kita sudah lakukan pemeriksaan, olah TKP, barang bukti sudah disita, dan pemeriksaan sudah intensif. Tinggal menetapkan tersangkanya saja, dan secepatnya ditetapkan," kata Kapolda Condro.
Dia mengatakan, hasil otopsi bisa dijadikan dasar bagi penyidik untuk menentukan tindakan lebih lanjut. Hasil forensik sendiri menyebut luka pada korban Muhammad Adam itu berada di dada, yang mengakibatkan sesak nafas, kekurangan oksigen sehingga korban meninggal.
"Kita pastikan itu penganiayaan atau pemukulan pada korban. Itu hasil forensik untuk bahan masukan ke tim penyidik Polda Jateng guna mengarah pada saksi-saksi yang diperiksa," kata Irjen Condro. (syam/TN)
Kompolnas Selidiki Aksi Kekerasan di Akpol Kompolnas Selidiki Aksi Kekerasan di Akpol Reviewed by samsul huda on May 20, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD