Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna Dicegah KPK ke Luar Negeri - GROBOGAN TOP NEWS

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna Dicegah KPK ke Luar Negeri

 

GTOPNEWS.COM - Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna dicegah KPK bepergian ke luar negeri. Pencegahan itu dilakukan untuk kepentingan penyelidikan kasus suap pengadaan CCTV dan jasa penyedia internet di Kota Bandung dalam program Bandung Smart City yang melibatkan Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana.

‘’Ema sudah dipanggil KPK sebagai saksi dalam kasus itu, dan kini dimintakan ke Dirjen Imigrasi untuk dicegah,’’ kata Kabag Pemberitaaan KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2023).

Ia mengatakan, pencegahan itu dilakukan untuk kepentingan penyidikan. Saat ini lanjutnya, KPK memerlukan keterangan Ema selama pencegahan tersebut berlangsung.

‘’Ema dibutuhkan keterangannya untuk proses penyidikan Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana, yang kini berstatus tersangka,’’ katanya.

Ema Sumarna sebelumnya diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi yang menjerat Yana Mulyana. Ema dinilai memiliki kaitan erat dalam kasus korupsi itu. Itu sebabnya yang bersangkutan dimintakan cegah ke Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM.

Pencegahan Ema telah dilakukan sejak awal Mei ini. Pencegahan tersebut ditetapkan selama 6 bulan ke depan.

Terkait dengan itu yang bersangkutan diminta kooperatif dari pihak yang dicegah. Dengan demikian proses penyidikan perkara ini dapat segera dirampungkan.

KPK telah menetapkan 6 orang sebagai tersangka suap pengadaan CCTV dan jasa penyedia internet di Kota Bandung dalam program Bandung Smart City. Salah satunya adalah Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

6 tersangka itu adalah Yana Mulyana (YN), Wali Kota Bandung, Dadang Darmawan (DD), Kadinas Perhubungan Pemkot Bandung, Khairul Rijal (Sekretaris Dishub Pemkot Bandung), Benny (Direktur PT Sarana Mitra Adiguna), Sony Setiadi (CEO PT Citra Jelajah Informatika) dan Andreas Guntoro (Manajer PT Sarana Mitra Adiguna). (syam/TN)

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna Dicegah KPK ke Luar Negeri Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna Dicegah KPK ke Luar Negeri Reviewed by samsul huda on May 16, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD