KPK Sita Uang Wali Kota Bandung Rp 924,6 juta Diduga dari Hasil Suap Proyek Smart City - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Sita Uang Wali Kota Bandung Rp 924,6 juta Diduga dari Hasil Suap Proyek Smart City

 

GTOPNEWS.COM -  Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan dua anak buahnya dari Dinas Perhubungan serta 3 dari unsur kontraktor kini ditahan KPK.

Mereka ditahan setelah  ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan CCTV dan penyedia jasa internet dalam program Bandung Smart City.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan KPK menyita uang pecahan dolar AS dalam OTT Yana di Pemkot Bandung. KPK juga menyita sepatu merek Louis Vuitton ketika tim penindakan KPK menggeledah rumah dinas wali kota itu.

Tim KPK mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya uang dalam bentuk pecahan mata uang rupiah, dolar Singapura, dolar Amerika, ringgit Malaysia, yen dan baht, serta sepasang sepatu merek Louis Vuitton tipe Cruise Charlie Sneaker 1A9JN8 berwarna putih, hitam, dan cokelat.

‘’Barang bukti itu kini disita KPK untuk bahan penyidikan,’’ kata Nurul Ghufron di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (16/4/2023).

Total dari nilai barang bukti itu sekitar Rp 924,6 juta. Ghufron mengatakan Yana menggunakan duit suap untuk membeli sepatu Louis Vuitton (LV).

Walkot YM diduga juga menerima sejumlah uang dari AG melalui KR (Khairul Rijal, Sekretaris Dishub Kota Bandung) sebagai uang saku dan kemudian YM menggunakan uang saku tersebut dengan membeli sepasang sepatu merek LV.

Suap itu diberikan Andreas Guntoro selaku Manajer PT Sarana Mitra Adiguna (SMA). Yana bersama keluarga serta Kadishub Pemkot Bandung Dadang Darmawan (DD) dan Khairul, Januari 2023 menerima fasilitas liburan dari Andreas ke Thailand.

Selain dari Andreas, Yana sebelumnya menerima suap dari CEO PT Citra Jelajah Informatika (CIFO), Sony Setiadi (SS). Uang itu diterima Yana melalui sekretaris pribadi sekaligus orang kepercayaannya, Rizal Hilman (RH).

Suap itu diduga diberikan untuk pengkondisian perusahaan para pemberi suap untuk mengerjakan proyek program Bandung Smart City berupa penyedia layanan CCTV dan jasa internet (ISP).

Tak hanya itu, Yana diduga juga menerima suap dari berbagai pihak lain. Tapi KPK masih mendalaminya.

Sementara itu Kadishub Pemkot Bandung Dadang Darmawan mendapatkan uang dari Manajer PT Sarana Mitra Adiguna, Andreas Guntoro (AG). Uang itu diberikan untuk mengubah termyn pembayaran kontrak pekerjaan ISP (penyedia jasa internet) senilai Rp 2,5 miliar dari 3 termin menjadi 4 termin.

‘’Dari situlah disepakati adanya pemberian uang untuk persiapan menyambut lebaran di tahun ini,’’ kata Nurul. (syam/TN)

KPK Sita Uang Wali Kota Bandung Rp 924,6 juta Diduga dari Hasil Suap Proyek Smart City KPK Sita Uang Wali Kota Bandung Rp 924,6 juta Diduga dari Hasil Suap Proyek Smart City Reviewed by samsul huda on April 16, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD