KPK Sita Puluhan Miliar Terkait Kasus Korupsi Jalur KA di Direktorat Jenderal Perkeretaapian - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Sita Puluhan Miliar Terkait Kasus Korupsi Jalur KA di Direktorat Jenderal Perkeretaapian

 

GTOPNEWS.COM - KPK melakukan penggeledahan di empat lokasi terkait kasus korupsi pembangunan dan perawatan jalur kerata api (KA) di Kantor Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Tengah di Semarang.

Dari empat lokasi itu, tiga di antaranya kantor pihak swasta (kontraktor) yang menjalin kerjasama dalam pekerjaaan insfratruktur perkeretaapian di Jateng. Yaitu PT IPA (Istana Putra Abadi), PT RRR (Rinenggo Ria Raya), dan PT PP (Prawiramas Puriprima).

‘’Di tiga lokasi itu, penyidik KPK melakukan penggeledahan guna mencari bukti-bukti lain yang terkait dengan perkara yang tengah diusut,’’ kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2023).

Ia mengatakan penyidik KPK menemukan aset cukup besar dalam penggeledahan itu. Aset tersebut berupa uang rupiah, mata uang asing hingga logam mulia.

Penyidik KPK mengamankan beberapa dokumen penting terkait dengan perkara. Selain itu menemukan uang dalam bentuk rupiah, valas, deposito, dan logam mulia, yang saat ini keseluruhan nilainya masih dihitung.

Diperkirakan total nilai aset yang disita itu mencapai puluhan miliar rupiah. Nantinya bukti yang diperoleh akan dikonfirmasi lebih lanjut kepada pihak terkait.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mengatakan nominal suap pengadaan dan pemeliharaan jalur kereta api di DJKA Kemenhub tak hanya senilai uang disita dari operasi tangkap tangan (OTT). Seperti diketahui, KPK menyita sejumlah uang tunai dan saldo bank senilai Rp 2,823 miliar.

Dia mengatakan hasil pemeriksaan mengarah pada dugaan jumlah suap terkait pengadaan dan pemeliharaan jalur kereta api yang mencapai Rp 14,5 miliar lebih.

Tanak menyebut nominal itu didapat seusai pemeriksaan para terperiksa dan didukung sejumlah bukti. (syam/TN)

KPK Sita Puluhan Miliar Terkait Kasus Korupsi Jalur KA di Direktorat Jenderal Perkeretaapian KPK Sita Puluhan Miliar Terkait Kasus Korupsi Jalur KA di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Reviewed by samsul huda on April 18, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD