KPK Tetapkan Rafael Alun Tersangka Kejahatan Suap Perpajakan di Ditjen Pajak - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Tetapkan Rafael Alun Tersangka Kejahatan Suap Perpajakan di Ditjen Pajak

 

GTOPNEWS.COM – Eks Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo ditetapkan KPK sebagai tersangka gratifikasi perpajakan sejak 2011-2023.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa kasus LHKPN tak wajar itu, telah dinaikkan statusnya dari penyelidikan ke tahap penyidikan dengan tersangka Rafael Alun.

‘’Penyidik KPK sudah menemukan unsur pidana dalam kepemilikan harta Rafael Alun,’’ kata Ali di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2023).

Ia mengatakan bahwa dalam kasus itu, penyidik  KPK sudah menemukan minimal dua alat bukti untuk menaikkan status Rafael Alun  menjadi tersangka .

"Tapi status Rafael Alun itu secara resmi akan diumumkan pimpinan KPK melalui konferensi pers,’’ kata Ali.

Rafael dijerat sebagai tersangka akibat menerima sesuatu atau hadiah terkait pemeriksaan perpajakan.

Ali menyebut bahwa unsur tindak pidana korupsi Rafael Alun telah ditemukan. Yaitu  terkait dengan dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak di Ditjen Pajak Kementerian Keuangan tahun 2011-2023.

Rafael Alun ditetapkan sebagai tersangka usai tim penyelidik KPK memeriksa harta kekayaannya di Yogyakarta, Minahasa Sulawesi, Jakarta dan sekitarnya yang diduga tak sesuai dengan profil yang bersangkutan sebagai pejabat eselon III di Ditjen Pajak.

Sebelumnya KPK telah menerbitkan surat perintah penyidikan (Sprindik) atas nama Rafael Alun pada Hari Senin 27 Maret 2023. Praktis dengan keluarnya sprindik itu, yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangkanya.

Rafael dijerat dengan Pasal 12 B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor). Rafael diduga menerima gratifikasi dari para wajib pajak melalui perusahaan konsultan perpajakan.

Sebelumnya Rafael Alun menyatakan bahwa dirinya akan kooperatif dengan penyidikan terhadap kasus yang menjeratnya. Bahkan dia menyatakan tak ada niatan kabur ke luar negeri untuk menghindari penyidikan. (syam/TN)

KPK Tetapkan Rafael Alun Tersangka Kejahatan Suap Perpajakan di Ditjen Pajak KPK Tetapkan Rafael Alun Tersangka Kejahatan Suap Perpajakan di Ditjen Pajak Reviewed by samsul huda on March 30, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD