KPK Periksa Lagi Kepala Kantor Pajak Jakarta Timur Wahono Saputro - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Periksa Lagi Kepala Kantor Pajak Jakarta Timur Wahono Saputro

 
GTOPNEWS.COM - Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur (Jaktim) Wahono Saputro mendadak datang ke Gedung KPK di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2023) pagi. Tidak diketahui maksud kedatangannya ke KPK.

Wahono datang ke KPK seorang diri dengan membawa goodie bag hijau.  Ia tampak antre mengisi buku tamu di lobi Gedung KPK. Wahono diberikan identitas tamu warna merah menandakan sebagai terperiksa.

‘’Hari ini yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi dari kasus yang menjerat mantan Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jaksel II Rafael Alun Trisambodo,’’ kata Kabag Pemberitaaan KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2023).

Ia mengatakan kasus Rafael Alun dari klarifikasi LHKPN telah ditingkatkan ke penyidikan. Karena KPK menemukan kejanggalan kepemilikan hartanya dari yang dilaporkan ke LHKPN sebesar Rp 56,1 miliar ternyata di lapangan ditemukan transaksi senilai Rp 500 miliar.

Bahkan PPATK melaporkan ke KPK menemukan safe deposit box di sebuah bank milik Rafael Alun berisi uang asing senilai Rp 36 miliar. Safe box itu kini telah diblokir PPATK sehingga pemiliknya tak bisa mengambil uangnya itu.

‘’Kini KPK tengah menyelidiki dan mencari unsur pidana suap dan gratifikasi terkait harta janggal Rafael Alun Trisambodo,’’ kata Ali.

Sebelumnya nama Wahono Saputro terseret dalam penyelidikan ketidakwajaran harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo akibat istrinya ditemukan mempunyai saham di perusahaan yang sama dengan istri Rafael Alun. KPK mengendus adanya aliran uang janggal melalui perusahaan keluarga Rafael Alun.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan dalam pemeriksaan timnya ternyata perusahaan Rafael Alun di Minahasa Sulawesi salah satu penanam sahamnya adalah istri Wahono. (syam/TN)

KPK Periksa Lagi Kepala Kantor Pajak Jakarta Timur Wahono Saputro KPK Periksa Lagi Kepala Kantor Pajak Jakarta Timur Wahono Saputro Reviewed by samsul huda on March 16, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD