Kasus TPPU, KPK Sita Aset Bupati Memberamo Tengah Ricky Ham Senilai Rp 16 Miliar - GROBOGAN TOP NEWS

Kasus TPPU, KPK Sita Aset Bupati Memberamo Tengah Ricky Ham Senilai Rp 16 Miliar

 

GTOPNEWS.COM - KPK menyita beberapa aset tanah - bangunan, apartemen, mobil dan uang tunai milik Bupati Memberamo Tengah nonaktif Ricky Ham Pagawak. Barang-barang bernilai ekonomi tinggi itu disita terkait kasus tindak poidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat bupati nonaktif tersebut.

‘’Dari semua barang yang disita itu, ditaksir totalnya mencapai sekitar Rp 16 miliar,’’ kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (22/2/2023).

Ia mengatakan KPK masih terus melakukan penelusuran terhadap aset-aset Ricky Ham karena kemarin disampaikan dalam konferensi pers bahwa tersangka itu, menikmati sekitar Rp 200 miliar dari hasil suap dan gratifikasi di Pemkab Memberamo Tengah.

Sebelumnya Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan pemberian uang Rp 200 miliar itu dilakukan melalui transfer dengan menggunakan nama orang-orang kepercayaan Ricky Ham. Uang tersebut diterima dari beberapa pihak.

Ricky Ham juga diduga menerima sejumlah uang sebagai gratifikasi dari beberapa pihak kemudian membelanjakan, menyembunyikan, dan menyamarkan asal-usul harta kekayaannya yang berasal dari tindak pidana korupsi.

Dalam kasus ini KPK telah memeriksa 110 saksi. Saksi-saksi tersebut diuga mengetahui aset Ricky berupa beberapa bidang tanah, bangunan di Jayapura Papua, Tangerang Banten, dan apartemen di Jakarta Pusat. Ricky Ham juga memiliki beberapa unit mobil mewah.

‘’Barang-barang itu kini telah disita KPK untuk barang bukti,’’ kata Firli.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak telah ditangkap KPK di Abepura Papua, Minggu 19 Februari 2023. Yang bersangkutan ditangkap Tim Satgas Penindakan KPK setelah tujuh bulan dinyatakan sebagai buronan dari kasus suap, gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).  (syam/TN)

Kasus TPPU, KPK Sita Aset Bupati Memberamo Tengah Ricky Ham Senilai Rp 16 Miliar Kasus TPPU, KPK Sita Aset Bupati Memberamo Tengah Ricky Ham Senilai Rp 16 Miliar Reviewed by samsul huda on February 22, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD