KPK Menduga Anak-Istri Gubernur Lukas Enembe Ikut Atur Pemenang Proyek di Pemprov Papua - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Menduga Anak-Istri Gubernur Lukas Enembe Ikut Atur Pemenang Proyek di Pemprov Papua

 

GTOPNEWS.COM - KPK mengatakan bahwa istri dan anak Lukas Enembe (LE), Yulce Wenda dan Astract Bona Timoramo Enembe telah selesai diperiksa penyidik di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Dalam pemeriksaan itu tercium indikasi bahwa keduanya diduga terlibat dalam kasus korupsi yang menjerat Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe.

Yulce dan Astract diduga turut campur tangan dalam penentuan pemenang lelang proyek di Pemprov Papua.

"Penyidik mendalami pengetahuan saksi mengenai dugaan turut sertanya dalam penentuan pemenang proyek pekerjaan di Pemprov Papua," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (20/1/2023).

Penyidik KPK lanjut Ali, telah mencecar anak-istri Lukas dengan serangkaian pertanyaan terkait penyerahan uang suap yang dilakukan tersangka Rijatono Lakka (RL) selaku kontraktor dari PT Tabi Bangun Papua (TBP).

Aliran dana itu diduga diberikan kepada Lukas untuk beberapa proyek di Pemprov Papua. Tersangka RL juga menyerahkan diri sejumlah uang kepada Gubernur Lukas Enembe, sebagai tersangka penerima.

Ali membenarkan tudingan pihak pengacara Lukas yang menyebut penyidik menanyakan hal pribadi ke keluarga Lukas. Pihaknya menegaskan bahwa KPK hanya meminta keterangan terkait kasus yang sedang didalami.

"Perlu kami tegaskan, materi pemeriksaan yang ditanyakan penyidik tentunya terkait dengan dugaan perbuatan pidana yang disangkakan sebagaimana unsur-unsur pasal dan tidak terkait sama sekali dengan hal-hal yang sifatnya pribadi," jelasnya.

Sebelumnya KPK menetapkan Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe dan Rijatono Lakka (unsur swasta) sebagai tersangka suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Pemprov Papua.

Diduga Rijatono memberikan uang Rp 1 miliar kepada Lukas. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan bahwa tersangka LE (Lukas Enembe) diduga menerima gratifikasi senilai Rp 10 miliar dan kendaraan mewah dari pihak lain. (syam/TN)


KPK Menduga Anak-Istri Gubernur Lukas Enembe Ikut Atur Pemenang Proyek di Pemprov Papua KPK Menduga Anak-Istri Gubernur Lukas Enembe Ikut Atur Pemenang Proyek di Pemprov Papua Reviewed by samsul huda on January 20, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD