Indeks Persepsi Korupsi RI Anjlok, Pahala: Harus Segera Cari Terobosan - GROBOGAN TOP NEWS

Indeks Persepsi Korupsi RI Anjlok, Pahala: Harus Segera Cari Terobosan

 

GTOPNEWS.COM – Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengaku kaget karena Indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia pada 2022 anjlok empat poin di angka 34.

‘’Ketika ditelepon kemarin saya kaget setengah mati, kok cuman 34,’’ kata Pahala di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2023).

Sejak 2014 katanya, IPK Indonesia tidak bisa melewati angka 40. Itu sebabnya dia menilai harus ada terobosan untuk mengatasi persoalan tersebut.

Ia mengatakan berbagai terobosan harus segera dilakukan. Sebab kalau begini terus IPK Indonesia tidak akan bisa melewati barrier 40.

Menurutnya, salah satu terobosan mencegah praktik korupsi di Indonesia adalah pemberian anggaran kepada partai politik lebih besar lagi. Sehingga dapat mengurangi mahar politik.

‘’Partai politik tak punya uang kecuali dari bantuan pemerintah yang sangat kecil. Sudah kita usulkan hal itu ke pemerintah tapi belum direspon,’’ katanya.

Ia mengatakan memang banyak yang mempertanyakan adakah jaminan kalau partai kuat nggak ada korupsi? Ya nggak juga.
Tapi paling tidak hal itu mampu mencegah terjadinya korupsi karena mahar politik yang mahal.

Dengan begitu ada upaya logisnya kalau partai politik kuat baru dikenakan sanksi bila tidak terbuka. KPK bisa minta pertanggungjawaban untuk kader-kadernya yang duduk di pemerintahan atau yang duduk di DPR. (syam/TN)

Indeks Persepsi Korupsi RI Anjlok, Pahala: Harus Segera Cari Terobosan Indeks Persepsi Korupsi RI Anjlok, Pahala: Harus Segera Cari Terobosan Reviewed by samsul huda on January 31, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD