Ditangkap, Gubernur Papua Lukas Enembe Langsung Diterbangkan Tim Penyidik KPK ke Jakarta - GROBOGAN TOP NEWS

Ditangkap, Gubernur Papua Lukas Enembe Langsung Diterbangkan Tim Penyidik KPK ke Jakarta

 

GTOPNEWS.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap KPK di rumah dinasnya Kota Jayapura. Dia ditangkap dalam keadaan sehat, meski sebelumnya dilaporkan dalam keadaan sakit.

‘’Terus terang KPK tak percaya narasi sakit itu. Sakit kok meresmikan proyek-proyek di Papua Tahun Anggaran 2022,’’ kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2023).

Pihaknya menyesalkan atas narasi sakit itu. Karena keadaan sebenarnya Gubernur Lukas Enembe dalam kondisi sehat. Sehingga dapat meresmikan proyek-proyek tahun anggaran 2022 di Pemprov Papua.

‘’Kami sudah melakukan pemanggilan secara patut dan sah terhadap tersangka Lukas tapi selalu dijawab oleh penasehat hukumnya dengan narasi sakit dan akan berobat ke Singapura. KPK tidak percaya itu, dan akhirnya kami melakukan penangkapan,’’ kata Ali.

Ali mengatakan saat ini Gubernur Lukas Enembe sudah keluar dari Papua, dan dilaporkan tim lapangan sudah berada di pesawat menuju Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Roy Rening, Tim Hukum dan Advokasi Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap tanpa memberitahukan kepada Tim Penasehat Hukumnya.

‘’Kami mendengar adanya penangkapan itu justru setelah Gubernur Lukas dibawa ke Mako Mrimob. Itupun kami tak mendapatinya karena sudah dibawa ke bandara,’’ kata Roy.

Ia mengaku sudah mengejar sampai bandara, tapi Gubernur Lukas sudah diterbangkan ke Jakarta.

‘’Jadi sampai jam ini kami belum bisa mendampingi Pak Lukas,’’ ujarnya.

Ia mengatakan bahwa kliennya dibawa penyidik KPK dari Jayapura ke Bandara Sentani untuk diterbangkan ke Jakarta
pukul 14.00 WIT.  

Sebelumnya Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengumumkan bahwa Lukas Enembe dan Rijatono Lakka selaku Direktur PT TBP (Tabi Bangun Papua) ditetapkan KPK sebagai tersangka suap proyek-proyek pengadaan barang/jasa dan gratifikasi di Pemprov Papua, Kamis 5 Januari 2023.

Rijatono Lakka ditetapkan sebagai tersangka yang memberikan suap ke Gubernur Lukas Enembe. Saat ini direkrtur TBT itu sudah menjalani penahanan di Rutan KPK. (syam/TN)

Ditangkap, Gubernur Papua Lukas Enembe Langsung Diterbangkan Tim Penyidik KPK ke Jakarta Ditangkap, Gubernur Papua Lukas Enembe Langsung Diterbangkan Tim Penyidik KPK ke Jakarta Reviewed by samsul huda on January 10, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD