Dekati Pemilu Tren Korupsi Meningkat Tajam, OTT Diminta Menko Polhukam Terus Dilanjut - GROBOGAN TOP NEWS

Dekati Pemilu Tren Korupsi Meningkat Tajam, OTT Diminta Menko Polhukam Terus Dilanjut

 

GTOPNEWS.COM – Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, bahwa tren korupsi meningkat tajam  menjelang pemilu. Untuk itu KPK diminta tetap menjalankan tugas dan kewajibannya mengusut korupsi sampai tuntas.

‘’Kita sudah diskusi dengan lima orang pimpinan KPK dipimpin ketuanya Pak Firli Bahuri tentang hal itu. Beliau menyatakan siap menjalankan tugas negara tersebut dengan baik,’’ kata Mahfud di kantornya Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (6/1/2023).

Menko Polhukam itu mengatakan bahwa pertemuannya dengan pimpinan KPK memang membahas seputar penegakan hukum dan kasus korupsi khususnya menjelang Pemilu 2024 yang dinilai konsistensinya meningkat tajam.

Dalam pertemuan itu pihaknya juga membahas berbagai isu tentang penegakan hukum, dan mendiskusikan mengenai hasil studi KPK bahwa ada tren konsisten korupsi meningkat tajam setiap mendekati Pemilu.

Mahfud menegaskan pemberantasan korupsi tidak boleh dipengaruhi tekanan politik maupun opini publik. Siapa pun yang terlibat harus ditindak dengan cukup bukti.

Kementeriannya dan KPK sepakat bahwa komisi anti rasuah itu akan tegak lurus pada hukum. Dan pemberantasan korupsi ditekankan lagi tak boleh dipengaruhi tekanan politik maupun opini publik.

‘’Siapa pun yang diduga terlibat korupsi harus diproses dan ditindak tegas. Jadi kalau ada dua alat bukti yang cukup bisa langsung disidik," kata Mahfud.

Mahfud meminta KPK agar terus melanjutkan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap penyelenggara negara yang melakukan tindak pidana korupsi.  Meskipun berhadapan dengan tahun politik.

Pihaknya menyampaikan bahwa pemerintah tengah mengembangkan digitalisasi pemerintahan guna mengurangi korupsi. Pemerintah juga sudah merilis Perpres tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Intensitas OTT harus terus dilanjut dan tak boleh surut meski menjelang tahun politik,’’ ujarnya. (syam/TN)

Dekati Pemilu Tren Korupsi Meningkat Tajam, OTT Diminta Menko Polhukam Terus Dilanjut Dekati Pemilu Tren Korupsi Meningkat Tajam, OTT Diminta Menko Polhukam Terus Dilanjut Reviewed by samsul huda on January 06, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD