5 Saksi Diperiksa KPK terkait Suap Penanganan Perkara yang Menjerat Hakim Agung Sudrajat - GROBOGAN TOP NEWS

5 Saksi Diperiksa KPK terkait Suap Penanganan Perkara yang Menjerat Hakim Agung Sudrajat

 

GTOPNEWS.COM - KPK  memeriksa 5 orang saksi terkait kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) yang menjerat Hakim Agung MA Sudrajat Dimyati (nonaktif).

Mereka yang diperiksa adalah wiraswasta Riris Riska Diana, Hardianko dan Naila Fitri (swasta), dan staf Sekretariat MA Tri Mulyani, dan Teguh Sukarno (pensiunan).

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, pemeriksaan dilakukan di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

‘’Mereka didalami pengetahuannya tentang pengurusan perkara di MA," kata Ali Fikri di Jakarta, Senin (16/1/2023).

Dalam kasus ini KPK menjerat 14 orang sebagai tersangka. Mereka yakni Hakim Agung Sudrajad Dimyati, Hakim Agung Gazalba Saleh, Prasetyo Nugroho (hakim yustisial/panitera pengganti pada kamar pidana MA sekaligus asisten Gazalba Saleh), Redhy Novarisza (PNS MA), Elly Tri Pangestu (hakim yustisial/panitera pengganti MA).

Kemudian Desy Yustria (PNS pada kepaniteraan MA), Muhajir Habibie (PNS pada kepaniteraan MA, Nurmanto Akmal, (PNS MA), Albasri (PNS Mahkamah Agung), Yosep Parera (pengacara), Eko Suparno (pengacara) Heryanto Tanaka (swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana), dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto (swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana).

Belakangan KPK menjerat Hakim Yustisial atau Panitera Pengganti Mahkamah Agung (MA) Edy Wibowo (EW) sebagai tersangka baru dalam kasus itu.

Sudarajat Dimyati disangka diduga menerima suap penanganan perkara kepailitan Koperasi Simpan Pinjam Intidana. Dimyati diduga menerima Rp 800 juta untuk memutus koperasi tersebut telah bangkrut.

Hakim Ketua Dimyati menyatakan koperasi yang beroperasi di Jawa Tengah tersebut pailit. Padahal dalam tingkat pertama dan kedua, gugatan yang diajukan Ivan dan Heryanto itu ditolak. (syam/TN)

5 Saksi Diperiksa KPK terkait Suap Penanganan Perkara yang Menjerat Hakim Agung Sudrajat 5 Saksi Diperiksa KPK terkait Suap Penanganan Perkara yang Menjerat Hakim Agung Sudrajat Reviewed by samsul huda on January 16, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD