KPK Geledah Gubernur Jatim Karena sebagai Penanggungjawab APBD terkait Dana Hibah - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Geledah Gubernur Jatim Karena sebagai Penanggungjawab APBD terkait Dana Hibah

 

GTOPNEWS.COM – Penggeledahan yang dilakukan KPK di ruang kerja Gubernur Jatim Khofifah Indar Paranwansa, Wagub Jatim Emil Dardak dan Sekda Pemprov Jatim Adhy Karyono mengundang perhatian publik.  Pasalnya orang pertama di Pemprov Jatim itu selalu mengingatkan jajarannya untuk tidak korupsi karena uang korupsi tidak berkah, selain merugikan masyarakat dan negara.

Terkait dengan itu Wakil KPK Alexander Marwata mengatakan, wajar bila publik kaget dengan penggeledahan tersebut. Sebab Gubernur Jatim dalam setiap kesempatan mengingatkan jajarannya untuk tidak korupsi. Sehingga publik simpatik.

Tapi dalam hal ini pihaknya mengaku memiliki alasan sendiri mengapa ruang kerja tiga pejabat teras di Pemprov Jatim itu digeledah penyidik KPK.

‘’Memang penggeledahan itu terkait kasus dugaan korupsi dana hibah untuk kelompok masyarakat (Pokmas) yang menjerat Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak. Ini alasan pokoknya,’’ kata Alex di Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Ia mengatakan kasus yang menjerat Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat itu terkait dengan dana hibah. Dana ini masuk dalam perencanaan APBD Pemprov Jatim maka sudah sewajarnya penanggungjawab anggaran itu digeledah.

‘’Bisa jadi penggeledahan itu dilakukan karena ditemukan informasi lain di samping perkara pokoknya. Tapi yang tahu persis hal ini penyidik,’’ kata kata Alex.

Pihaknya memastikan akan mengumumkan ke publik jika ada pengembangan dari kasus itu. Di bagian lain dia meminta saksi – saksi yang dihadirkan dalam kasus tersebut kooperatif.

Sebelumnya, KPK menggeledah ruang kerja Khofifah, Emil Dardak, dan sejumlah ruang pejabat Pemprov Jatim. Penggeledahan itu dilakukan pada Rabu (21/12).

Penggeledahan dilakukan terkait kasus dugaan korupsi yang menjerat Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simandjuntak sebagai tersangka.

Dalam penggeledahan ini, KPK mengamankan dokumen yang diduga terkait dengan perkara. Dokumen itu diduga berupa penyusunan APBD. Selain dokumen KPK juga mengamankan bukti berupa elektronik. (syam/TN)

KPK Geledah Gubernur Jatim Karena sebagai Penanggungjawab APBD terkait Dana Hibah KPK Geledah Gubernur Jatim Karena sebagai Penanggungjawab APBD terkait Dana Hibah Reviewed by samsul huda on December 28, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD