Rekening Istri Gubernur Papua Lukas Enembe Diblokir KPK untuk Kepentingan Penyidikan - GROBOGAN TOP NEWS

Rekening Istri Gubernur Papua Lukas Enembe Diblokir KPK untuk Kepentingan Penyidikan

 

GTOPNEWS.COM – KPK  menegaskan bahwa pemblokiran rekening istri Gubernur Papua Lukas Enembe Yulce Wenda dilakukan komisi antitirasuah itu sebelum istri gubernur tersebut dipanggil KPK. Pemblokiran ini terkait dengan kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Provinsi Papua yang menjerat  Gubernur  Lukas Enembe (LE).

"Jadi tidak karena istri gubernur itu mangkir dari panggilan KPK,’’ kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022).

Ia mengatakan, pemblokiran rekening istri gubernur itu merupakan bagian kebutuhan pembuktian proses penyidikan dari perkara yang menjerat Gubernur Lukas Enembe.

Ali menjelaskan bahwa pemblokiran rekening Yulce Wenda itu sudah lama dilakukan. Yakni jauh hari sebelum istri gubernur tersebut dipanggil KPK Rabu, 5 Oktober 2022.

Astract Bona Timoramo, anak Gubernur Papua Lukas dan Yulce Wenda, istri Lukas Enembe dipanggil penyidk KPK, Rabu 5 Oktiber 2022. Namun keduanya mangkir tanpa alasan yang jelas.

Ibu dan anak itu rencananya diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek infrastruktur di Provinsi Papua yang menjerat Lukas Enembe. Jalannya pemeriksaan diagendakan berlangsung di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

"Ternyata kedua saksi itu tidak hadir tanpa ada konfirmasi apa pun pada tim penyidik," kata Ali.

Pihaknya meminta semua pihak yang dipanggil sebagai saksi maupun tersangka kooperatif terhadap proses hukum. Diingatkan ada sanksi pidana terhadap pihak-pihak yang memprovokasi saksi dalam panggilan KPK.

"Siapapun dilarang undang-undang mempengaruhi saksi ketika dipanggil penegak hukum. Bahkan mereka yang mempengaruhi saksi tidak hadir dalam panggilan itu, ada sanksi hukumnya," ujarnya. (syam/TN)

Rekening Istri Gubernur Papua Lukas Enembe Diblokir KPK untuk Kepentingan Penyidikan Rekening Istri Gubernur Papua Lukas Enembe Diblokir KPK untuk Kepentingan Penyidikan Reviewed by samsul huda on October 06, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD