Akses Jalan Semen Sugihmanik-Mangunsari Mulai Dikerjakan, Arus Lalin Ditangani dengan Buka Tutup - GROBOGAN TOP NEWS

Akses Jalan Semen Sugihmanik-Mangunsari Mulai Dikerjakan, Arus Lalin Ditangani dengan Buka Tutup

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Jalan akses semen dari Sugihmanik Tanggungharjo ke Desa Mangunsari Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mulai dikerjakan PT Semarang Multi Con (SMC). Jalan beton bertulang itu direncanakan berketebalan 30 cm, lebar 7 meter dan panjang 5 km.

‘’Untuk antisipasi kemacetan lalu lintas angkutan barang diterapkan dengan menggunakan sistem sistim buka tutup. Supaya penanganannya tidak ribet, maka separo jalan dulu yang dicor,’’ kata Staf Ahli PT Semen Grobogan Tonny Santoso di Semarang, Selasa (4/10/2022).

Penanganan arus lalin di jalan itu batal dilakukan dengan cara pengalihan arus dari Mangunsari ke Sugihmanik-Tanggungharjo. Karena warga Mangunsari keberatan lantaran merepotkan.

‘’Itu sebabnya penanganan arus lalinnya dilakukan dengan cara buka tutup,’’ kata Tonny.

Ia mengatakan penanganan arus lalin dengan buka tutup sudah dimulai dari awal pekerjaaan pemerataan jalan dan pembuatan lantai dasar pada 13 September 2022.

‘’Sampai saat ini penanganan arus lalin dengan cara itu tidak ditemukan kendala yang berarti. Maka sistem tersebut akan terus diterapkan sampai pengecoran jalan dari Sugihmanik-Mangunsari sepanjang 5 km,’’ ujarnya.

Sebelumnya Dinas PUPR Grobogan mengusulkan jalan Mangunsari-Sugihmanik ditutup total selama pekerjaan cor jalan akses semen PT Semen Grobogan di desa itu.

Menurut Kepala Dinas PUPR Een Endarto dengan ditutup total, mutu pekerjaaan beton jalan itu, akan lebih bagus karena tidak terganggu dengan getaran angkutan barang tonase tinggi.

Sebelumnya warga Desa Mangunsari  Kecamatan Tegowanu demo akibat jalan yang dibangun PT Semen Grobogan (SGB) rusak berat akibat dilewati truk angkutan semen .  Selain menggelar poster di depan Balai Desa Mangunsari, mereka juga memblokir angkutan semen yang lewat di jalan itu dengan menyandarkan motornya di tengah jalan.

Mereka menuntut jalan itu segera diperbaiki. Kalau tidak, mereka mengancam akan turun ke jalan dalam jumlah lebih besar. Praktis akibat demo ini, angkutan semen ke beberapa titik pasar jadi tersendat. Tonny Santoso yang mewaki PT Semen Grobogan di hadapan massa mengatakan, bahwa pihaknya bertangungjawab atas kerusakan jalan tersebut. Ia mengatakan, September-Oktober 2022 Jalan Mangunsari segera diperbaiki kembali.  (syam/TN)

Akses Jalan Semen Sugihmanik-Mangunsari Mulai Dikerjakan, Arus Lalin Ditangani dengan Buka Tutup Akses Jalan Semen Sugihmanik-Mangunsari Mulai Dikerjakan, Arus Lalin Ditangani dengan Buka Tutup Reviewed by samsul huda on October 04, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD