Akses Jalan PT Semen Grobogan di Desa Mangunsari Mulai Dilakukan Pengerukan dengan Alat Berat - GROBOGAN TOP NEWS

Akses Jalan PT Semen Grobogan di Desa Mangunsari Mulai Dilakukan Pengerukan dengan Alat Berat

 

GROBOGAN (GTopNews.Com)   Jalan Mangunsari di Kecamatan Tegowanu – Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo sepanjang 5 km  Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, yang rusak parah mulai diperbaiki PT Semen Grobogan (SGB).

Jalan beraspal itu akan diganti dengan konstruksi beton bertulang tebal 30 cm. Tingkat ketebalannya dinilai Kepala Dinas PUPR Grobogan Een Endarto sudah di atas standar  kualitas jalan beton pada umumnya. Karena secara umum kualitas standar ketebalan dari jalan beton bertulang itu hanya 25 cm.

‘’Teman-teman di Dinas PUPR menilai tenbalan 30 cm yang diterapkan PT Semen Grobogan itu tergolong sangat bagus. Kami yakin dengan ketebalan itu, akan mampu menahan angkutan berat di atas 75 – 100 ton,’’ kata Kepala Dinas PUPR Grobogan Een Endarto di Purwodadi, Selasa (26/9/2022)

Sehari sebelumnya Tonny Santoso dari PT Semen Grobogan menjelaskan, bahwa perbaikan jalan Mangunsari-Sugihmanik (lokasi pabrik PT Semen Grobogan-red) akan mulai dilakukan Minggu depan, tepatnya akhir September 2022 ini.

Tapi di lapangan kemarin sudah mulai ada aktifitas terkait perbaikan jalan itu dari aspal menjadi beton bertulang. Aktifitas tersebut berupa pengerukan separo jalan yang rusak dengan alat berat (beghu).

Tonny kepada awak media membenarkan, bahwa saat ini tengah berlangsung proses pengerukan aspal dan leveling ketinggian jalan sebelum proses betonisasi dilakukan.

Tonny mengatakan perbaikan peningkatan jalan dari aspal ke beton itu ditarget rampung 4-5 bulan ke depan.

Jalan kabupaten ini semula dibangun PT Semen Grobogan dengan konstruksi aspal hotmix tahun 2021 untuk mobilisasi angkutan mekanik pembangunan pabrik semen PT SGB di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo. Namun selang sebulan kemudian rusak lagi. Padahal kualitas aspal dan ketebalannya di mata teknis sudah sangat memenuhi

syarat, yaitu ketebalan 10 Cm.

Sebelumnya massa dari warga Desa Mangunsari Tegowanu memblokir angkutan semen yang melintas di jalan itu. Pasalnya jalan tersebut rusak parah tetapi PT Semen Grobogan tak kunjung memperbaiki.

Warga mengklaim jalan yang dibangun PT SGB itu rusak akibat dilewati angkutan semen. Mereka juga demo ke Balai Desa Mangunsari menuntut PT SGB segera memperbaiki jalan tersebut. (syam/TN)

Akses Jalan PT Semen Grobogan di Desa Mangunsari Mulai Dilakukan Pengerukan dengan Alat Berat Akses Jalan PT Semen Grobogan di Desa Mangunsari Mulai Dilakukan Pengerukan dengan Alat Berat Reviewed by samsul huda on September 26, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD