Teknis Penanganan Peningkatan Jalan Mangunsari ke Pabrik Semen Batal Dibahas - GROBOGAN TOP NEWS

Teknis Penanganan Peningkatan Jalan Mangunsari ke Pabrik Semen Batal Dibahas

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Finalisasi teknis penanganan perbaikan dan peningkatan jalan Mangunsari Tegowanu-Sugihmanik Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, batal dibahas di Dinas PUPR Jalan Gajah Mada Purwodadi, Rabu (3/8/2022) kemarin. Pasalnya, pihak konsultan PT Semen Grobogan masih sibuk menangani pekerjaan lainnya di luar kota.

‘’Untuk itu, PT Semen Grobogan minta pembahasan mengenai masalah tersebut diundur seminggu lagi, tepatnya Kamis (11/8/2022),’’  kata Sekretaris Dinas PUPR Grobogan Wahyu Tri Darmanto di Purwodadi, Rabu (3/8/2022).

Ia mengatakan finalisasi teknis penanganan peningkatan jalan di Desa Mangunsari Kecamatan Tegowanu memang tengah ditunggu-tunggu masyarakat desa itu. Karena jalan kabupaten yang melintas di  desa tersebut dalam keadaan rusak berat akibat dilewati angkutan semen dari pabrik Semen Grobogan di Sugihmanik, sekitar 5 km dari Desa Mangunsari.

Untuk sementara kata Wahyu, PT Semen Grobogan memperbaikinya dengan cara tambal sulam. Bahkan setiap pagi dan sore terus disemprot air dengan mobil tangki milik PT Semen  Grobogan.

‘’Hal itu dilakukan agar debunya tak mencemari warga kampung,’’ katanya.

Ia membenarkan bahwa status jalan itu adalah jalan kabupaten yang digunakan PT Semen Grobogan untuk angkutan distribusi barang dari pabrik hingga jalan raya Tegowanu-Semarang. Maka PT Semen Grobogan terpanggil memperbaiki dengan konstruksi yang layak untuk angkutan tonase tinggi.

Untuk sementara pihak semen melebarkan, meninggikan dan memadatkan jalan itu dengan alat-alat berat hingga dinyatakan layak untuk angkutan barang. Tapi karena beban tonase tinggi, menyebabkan jalan tersebut rusak lagi.

Ke depan jalan itu akan ditingkatkan lagi penanganannya dengan konstruksi beton bertulang dengan dilapisi aspal hotmix seperti halnya jalan ke arah Gebangan Tegowanu sepanjang 5 km.

Sebelumnya warga Desa Mangunsari demo dengan memalangkan sepeda motornya di tengah jalan, menyebabkan angkutan semen dari PT Semen Grobogan ke jalan raya Tegowanu-Semarang terhambat. Warga melakukan hal itu karena jalan tersebut rusak berat akibat dilewati angkutan semen. (syam/TN)

Teknis Penanganan Peningkatan Jalan Mangunsari ke Pabrik Semen Batal Dibahas Teknis Penanganan Peningkatan Jalan Mangunsari ke Pabrik Semen Batal Dibahas Reviewed by samsul huda on August 03, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD