Teknis Penanganan Peningkatan Jalan Mangunsari ke Pabrik Semen Mulai Dibahas di Dinas PUPR - GROBOGAN TOP NEWS

Teknis Penanganan Peningkatan Jalan Mangunsari ke Pabrik Semen Mulai Dibahas di Dinas PUPR

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Finalisasi teknis penanganan perbaikan dan peningkatan jalan di Desa Mangunsari Tegowanu-Sugihmanik Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah,mulai dibahas antara pihak PT Semen Grobogan dengan Dinas PUPR, Rabu (3/8/2022) hari ini. Pembahasan itu akan diikuti Bagian Pembangunan Setda, Bagian Aset Daerah Setda dan pihak terkait lainnya di Dinas PUPR.

Pembangunan peningkatan jalan ini melibatkan Bagian Pembangunan dan Bagian Aset Daerah Setda karena status jalan itu, merupakan jalan kabupaten.

‘’Pihak semen telah mengajukan permohonan pembahasan masalah itu ke Dinas PUPR sejak beberapa hari lalu dan kemudian baru bisa kita jadwalkan hari ini dibahas bersama-sama,’’ kata Kepala Dinas PUPR Grobogan Een Endarto di Purwodadi, Selasa (2/8/2022).

Ia mengatakan hal itu sebelum menerima kunjungan Wakil Bupati (Wabup) Grobogan dr Bambang Pujiyanto di kantornya Jalan Gajah Mada Purwodadi.

Wabup kepada GTopNews sempat menanyakan perkembangan mengenai produksi PT Semen Grobogan di masa uji coba mesin.

Kadinas PUPR Een mengatakan desain dan rencana anggaran belanja (RAB) pembangunan jalan Mangunsari ke arah Pabrik Semen Grobogan telah dibuat Tim Teknis Undip Semarang bersamaan dimulainya pembangunan pabrik itu beberapa tahun lalu. Tetapi karena anggaran di PT Semen Grobogan terbatas, menyebabkan pembangunan jalan distribusi barang (semen) antara Sugihmanik-Tegowanu tidak dapat diselesaikan seluruhnya.

‘’Saat itu baru jalan ke arah Daplang Tegowanu sepanjang 5 km yang bisa ditangani dengan kontruksi beton dan aspal hotmix. Dan saat ini dalam keadaan mulus untuk angkutan semen,’’ kata Een.

Pembahasan itu akan dikhususkan terkait dengan teknis kontruksi dan dana yang tersedia. Bila dananya cukup, akan dibeton bertulang lagi dengan ketebalan 25 cm dan kemudian dilapisi aspal hotmix sepertinya halnya  peningkatan Jalan Daplang Tegowanu sebelumnya. Mengingat jalan tersebut akan digunakan untuk alur distribusi angkutan barang dari pabrik semen ke Tegowanu dalam tonase berat.

‘’Jadi harus kuat betul supaya tidak cepat rusak,’’ ujarnya. Een mengatakan, jalan di Desa Mangunsari sebelumnya sudah diperbaiki PT Semen Grobogan dengan dilebarkan menjadi 15 meter dari sebelumnya hanya 5 meter. Bahkan jalan  kabupaten itu telah diangkat beberapa cm dengan dihuruk sirtu.

Kini akibat dilewati truk tonase berat semen, jalan tersebut rusak lagi.

Sebelumnya jalan di Desa Mangunsari Kecamatan Tegowanu ini didemo warga dengan cara dipalang dengan sepeda motor dan bambu. Akibatnya angkutan semen dari pabrik ke Tegowanu terhambat. Jalan tersebut didemo akibat rusak parah dilewati angkutan semen. (syam/TN)

Teknis Penanganan Peningkatan Jalan Mangunsari ke Pabrik Semen Mulai Dibahas di Dinas PUPR Teknis Penanganan Peningkatan Jalan Mangunsari ke Pabrik Semen Mulai Dibahas di Dinas PUPR Reviewed by samsul huda on August 02, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD