OTT Bupati Pemalang, KPK Amankan Uang Rp 136 Juta dan ATM - GROBOGAN TOP NEWS

OTT Bupati Pemalang, KPK Amankan Uang Rp 136 Juta dan ATM

 

GTOPNEWS.COM - KPK mengamankan sejumlah uang dalam bentuk uang tunai dan buku tabungan saat operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo di Jakarta dan Pemalang.

Besaran uang tunai yang diamankan Rp 136 juta, buku tabungan atas nama Adi Jumal Widodo, dan ATM nya dari orang kepercayaan Bupati Mukti itu.

‘’ATM itu diketahui sering digunakan Bupati Mukti untuk kepentingan pribadinya,’’ kata Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa konferensi di kantornya Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (12/8/2022).

Firli mengatakan total uang yang masuk ke rekening tabungan Adi Jumal sekitar Rp 4 miliar lebih, dan slip setoran bank atas nama Adi Jumal sebesar Rp 680 juta.

‘’Sejumlah uang itu, buku tabungan, slip setoran  dan ATM kini disita KPK untuk barang  bukti (BB),’’ kata Firli.

Firli mengatakan Bupati Mukti Agung diketahui berangkat ke Jakarta bersama rombongan. Mereka antara lain Plt Sekda, Kadinas PUPR, Kepala BPBD, Kepala Kominfo dan lainnya.

Mukti Agung diduga menerima bungkusan diduga berisi uang di sebuah rumah di Jakarta Selatan. Tim KPK mengetahui dan membuntutinya.

Kemudian Mukti Agung dan rombongan pergi ke Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat untuk menemui seseorang. Saat keluar dari Gedung DPR RI itulah Mukti Agung ditangkap KPK.

"Menemui siapa nanti kita dalami," katanya. KPK lanjutnya juga mengamankan beberapa pihak di Pemalang. Total yang diamankan dalam kasus ini sebanyak 34 orang.

"Tim KPK juga mengamankan beberapa pihak dari unsur pejabat lingkungan pemerintah Pemkab Pemalang dan melakukan pengamanan terhadap ruangan kerja di lingkungan Pemkab itu dan rumah dinas Bupati Pemalang," ujarnya.

Diduga Bupati Pemalang Mukti telah menerima suap dari jual beli jabatan sebesar Rp 6,1 miliar.

Sebelumnya KPK menetapkan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dan 5 orang bawahannya sebagai tersangka jual beli jabatan di Pemkab Pemalang tahun 2022.

Dari enam tersangka itu, dua di antaranya ditetapkan sebagai tersangka penerima yaitu Bupati Mukti Agung dan Komisaris BUMD Pemalang Adi Jumal.

Adapun empat lainnya ditetapkan sebagai tersangka pemberi. Mereka adalah Sekda Slamet Masduki, Kadinas PUPR Muhamad Saleh, Kepala Kominfo Yanuarius Nitbani, dan Kepala BPBD. Mereka kini ditahan di beberapa Rutan KPK Jakarta secara terpisah satu sama lain. (syam/TN)

OTT Bupati Pemalang, KPK Amankan Uang Rp 136 Juta dan ATM OTT Bupati Pemalang, KPK Amankan Uang Rp 136 Juta dan ATM Reviewed by samsul huda on August 13, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD