KPK Nilai Jalur Mandiri Masuk PT se-Indonesia Mengandung Celah Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Nilai Jalur Mandiri Masuk PT se-Indonesia Mengandung Celah Korupsi

 

GTOPNEWS.COM – Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan kajian dan penilaian terhadap sektor pendidikan khususnya di lingkungan perguruan tinggi (PT) se - Indonesia.

KPK menilai jalur penerimaan mahasiswa baru melalui mandiri tidak terukur, tidak transparan dan kurang berkepastian.

‘’Jalur penerimaan mahasiswa mandiri itu bersifat lokal dan tidak akuntabel sehingga celah tindak pidana korupsi patut diduga terjadi dalam proses tersebut,’’ kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam konferensi pers di kantornya Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2022).

Ia mengatakan hal itu menanggapi ditangkapnya Rektor Unversitas Negeri (Unila) Lampung Karomani oleh KPK di Bandung. Dia, Wakil Rektor Heryandi, Ketua Senat M Basri dan Anadi Desfiandi, dari unsur swasta ditangkap akibat melakukan jual beli penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademi 2022.

Kini keempatnya telah ditetapkan KPK sebagai tersangka dan ditahan di Rutan KPK di Jakarta terpisah satu sama lain.

Ghufron mengatakan jalur mandiri itu ukurannya sangat lokal, tidak transparan, dan tidak terukur, maka kemudian jadi tidak akuntabel. Karena tidak akuntabel, maka kemudian menjadi celah terjadinya tindak pidana korupsi.

Menurutnya, sebenarnya proses penerimaan jalur mandiri itu tidak bermasalah. Sistemnya sudah cukup bagus, hanya implementasinya yang lemah. Maka proses rekrutmennya harus diperbaiki sehingga lebih terukur, akuntabel, dan partisipatif.

Ke depan, katanya lebih lanjut, proses rekrutmen harus diperbaiki. Mau apa pun namanya, ada jalur mandiri ataupun jalur afirmasi yang lain.

‘’Jadi, bukan soal mandirinya, bukan soal namanya. Tetapi mekanismenya, harus diubah menjadi lebih terukur, lebih akuntabel, dan lebih partisipatif,’’ ujarnya. (syam/TN)

KPK Nilai Jalur Mandiri Masuk PT se-Indonesia Mengandung Celah Korupsi KPK Nilai Jalur Mandiri Masuk PT se-Indonesia Mengandung Celah Korupsi  Reviewed by samsul huda on August 21, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD