Kemendikbud Ristek Segera Evaluasi Tatanan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri se-Indonesia - GROBOGAN TOP NEWS

Kemendikbud Ristek Segera Evaluasi Tatanan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri se-Indonesia

 

GTOPNEWS.COM - Inspektur Investigasi Inspektorat Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) Lindung Sirait menegaskan bahwa pihaknya segera mengevaluasi penerimaan mahasiswa baru dari jalur mandiri di semua perguruan tinggi (PT) se - Indonesia.

"Kami akan melakukan aksi nyata dan konkret, bahwa penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri itu  akan kita evaluasi," kata Lindung Sirait dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2022).

Ia datang ke konferensi pers itu karena diundang pimpinan KPK untuk ikut menyaksikan penjelasan mengenai ditangkapnya Rektor Universitas Negeri Lampung (Unila) Karomani oleh KPK.

Selain rektor, KPK juga menangkap Wakil Rektor Bidang Akademik Haryandi, Ketua Senat M Basri dan Andi Desfiandi (unsur swasa).  

Keempatnya telah ditetapkan sebagai tersangka jual beli penerimaan mahasiswa baru tahun akademi 2022 di Universitas Negeri Lampung. Mereka kini ditahan di Rutan KPK Jakarta terpisah satu sama lain.

Lindung membenarkan ada celah-celah yang dapat menjadi potensi tindak pidana korupsi dalam penerimaaan mahasiswa baru dari jalur mandiri. Sebab pelaksanaannya tidak transparan, tidak terukur dan tidak akuntable.

‘’Apa yang dikatakan Pak Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron memang benar, jalur mandiri itu tidak transparan,’’ katanya.

Menurutnya, program penerimaan mahasiswa baru dari jalur mandiri itu sebenarnya bertujuan baik bagi para calon mahasiswa. Sebab kemampuannya betul-betul diuji melalui ujian tertulis dengan standar nasional. Hanya implementasinya di lapangan lemah karena masih ada celah-celah yang dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

Lindung menilai interval waktu ujian seleksi dengan pengumuman penerimaan jalur mandiri cenderung memakan waktu. Hal ini bisa jadi dimanfaatkan untuk tawar menawar dengan orang tua siswa. Maka hal ini menjadi salah satu fokus yang akan dievaluasi pihaknya.

"Interval ujian dengan pengumuman itu waktunya sangat panjang. Hal ini memberikan peluang terjadinya transaksional haram. Itu sebabnya harus segera dievaluasi," kata Lindung.

Dia setuju penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri itu disamakan dengan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).  Yaitu hasilnya diumumkan secara terbuka dan langsung bisa dilihat.

Hal ini menurutnya dipastikan akan menutup adanya tindakan transaksional antara pihak rektorat dengan orang tua siswa.

"Seleksi penerimaan CPNS itu, begitu ujian hasilnya langsung keluar, sehingga kemungkinan transaksional itu sangat kecil,’’ kata Lindung.

Menyinggung paramater dalam penerimaan lewat jalur mandiri, ia mengatakan bahwa masyarakat berhak tahu soal kriteria kelulusan agar proses rekrutmen dapat menjadi transparan dan akuntabel. (syam/TN)

Kemendikbud Ristek Segera Evaluasi Tatanan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri se-Indonesia Kemendikbud Ristek Segera Evaluasi Tatanan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri se-Indonesia Reviewed by samsul huda on August 21, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD