Ketua KPK Firli Bahuri: Presiden Jokowi Jengkel soal Impor Ada Kaitan dengan Korupsi Pengadaan Barang - GROBOGAN TOP NEWS

Ketua KPK Firli Bahuri: Presiden Jokowi Jengkel soal Impor Ada Kaitan dengan Korupsi Pengadaan Barang

 

GTOPNEWS.COM - Ketua KPK Firli Bahuri memahami jengkelnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait sejumlah kementerian/lembaga yang banyak membeli produk impor. Padahal dalam negeri barang-barang itu tersedia dengan harga yang terjangkau dan mutu barang yang tak kalah bagus.

Menurut Firli jengkelnya Jokowi itu ada kaitannya dengan korupsi pengadaan barang/ jasa yang selama ini terjadi. Yaitu di proyek-royek infrastruktur maupun proyek pengadaan barang seperti mesin-mesin pesawat dan lainnya.

"Kemarahan Bapak Presiden itu karena sikap kita terhadap kemampuan produk dalam negeri versus produk impor sudah keterlaluan. Terutama terkait dengan korupsi pengadaan barang/jasa," kata Firli di Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Pihaknya mengaku telah memberikan perhatian korupsi di sektor pengadaan barang/jasa. Menurutnya pengadaan barang/jasa menjadi sektor yang rawan dengan tindak pidana korupsi (suap-red).

"Kasus itu sudah lama menjadi perhatian KPK. Bahkan KPK berkali-kali giat tangkap tangan yang berawal dari suap dan sogok dalam lelang proyek," katanya.

Pihaknya Kita menyambut baik penekanan Presiden Jokowi agar mengubah orientasi pengadaan barang/jasa dan menghentikan korupsi di dalamnya.

Untuk menghindari korupsi di sektor pengadaan barang/jasa Firli meminta penanggungjawab proyek, pejabat pembuat komitmen, panitia lelang dan lainnya agar tidak bersekongkol melakukan korupsi dengan penyedia barang/jasa.

Dan  tidak menerima kickback yang mengandung unsur suap dan gratifikasi.

Selain itu proses pengadaan barang/jasa di instansi pemerintah harus dihindari dari unsur gratifikasi, tidak berbenturan dengan kepentingan, tidak mengandung unsur kecurangan atau maladministrasi, tidak ada niat jahat dengan memanfaatkan kondisi darurat dan tidak membiarkan terjadinya tindak pidana korupsidi dalamnya.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan rasa jengkelnya terhadap kementerian/lembaga yang lebih suka impor barang jadi daripada beli dalam negeri.  Kejengkelan Jokowi itu diungkapkan saat memberikan pengarahan tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3).


Ketua KPK Firli Bahuri: Presiden Jokowi Jengkel soal Impor Ada Kaitan dengan Korupsi Pengadaan Barang Ketua KPK Firli Bahuri: Presiden Jokowi Jengkel soal Impor Ada Kaitan dengan Korupsi Pengadaan Barang Reviewed by samsul huda on March 28, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD