Eks Gubernur Riau Annas Maamun Dijemput Paksa KPK dari Rumah Pribadinya di Riau - GROBOGAN TOP NEWS

Eks Gubernur Riau Annas Maamun Dijemput Paksa KPK dari Rumah Pribadinya di Riau

 

GTOPNEWS.COM – Gubernur Riau periode 2014-2019 Annas Maamun dijemput Tim Penyidik KPK secara paksa di rumahnya di Pekanbaru, Riau, Rabu (30/3/2022).

Deputi Penindakan KPK Karyoto mengatakan, eks Gubernur Riau itu, dijemput paksa karena tidak koperatif dalam menghadapi perkara yang menjeratnya.

Dia telah ditetetapkan sebagai tersangka suap rancangan anggaran pendapatan belanja daerah (RAPD) tahun anggaran 2014-2015 sejak 2015.

"Eks Gubernur Riau itu sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka tindak pidana korupsi sejak 2015, tapi beberapa kali dipanggil untuk diperiksa sebagai tersangka tidak dipedulikan,’’ kata Karyoto saat konferensi pers di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2020).

Annas tiba di Gedung KPK pukul 16.25 WIB. Setelah diperiksa Annas yang sudah tampak tua itu, langsung ditahan di Rutan KPK.

Sebelumnya, eks Gubernur Riau ini mengajukan gugatan praperadilan terhadap KPK di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Gugatan itu diajukan karena ditetapkan lagi oleh KPK sebagai tersangka korupsi.

Untuk itu dia meminta agar status tersangkanya ditangguhkan. Gugatan Annas tersebut teregistrasi di PN Jaksel nomor perkara 21/Pid.Pra/2022/PN JKT.SEL. Didaftarkan 24 Maret 2022.

Annas dalam petitumnya meminta hakim agar status tersangkanya dibatalkan.

Sebelumnya dia diputus majelis hakim 6 tahun penjara. Dia dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana korupsi alih fungsi lahan kebun kelapa sawit di Kuantan Singingi, Riau. Dia menerima suap USD 166.100 dari pengusaha Gulat Medali Emas Manurung.

Dia mengajukan kasasi ke MA, namun hukumannya malah ditambah 1 tahun, jadi 7 tahun. Tahun 2018 Annas mengajukan grasi ke Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dan dikabulkan.

Tepat tanggal 21 September 2020 yang bersangkutan keluar dari Lapas Sukamiskin Bandung. Dan kini menghuni lagi sel Rutan KPK. (syam/TN)

Eks Gubernur Riau Annas Maamun Dijemput Paksa KPK dari Rumah Pribadinya di Riau Eks Gubernur Riau Annas Maamun Dijemput Paksa KPK dari Rumah Pribadinya di Riau Reviewed by samsul huda on March 30, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD