Utang Rp 7,8 Triliun, Satgas BLBI Kembali Sita Aset Kaharudin Ongko di Surabaya - GROBOGAN TOP NEWS

Utang Rp 7,8 Triliun, Satgas BLBI Kembali Sita Aset Kaharudin Ongko di Surabaya

 

GTOPNEWS.COM -  Aset dalam bentuk tanah milik obligor BLBI Kaharuding Ongko di Surabaya, Jawa Timur, kembali disita  Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI).

Penyitaan aset ini dilakukan   Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) Cabang DKI Jakarta bersama dengan Juru Sita KPKNL Surabaya hari ini, Rabu (23/2/2022).

Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban mengatakan tim penilai dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan tengah melakukan proses penilaian atas nilai dari aset jaminan ini.

"Estimasi nilai pasar dari aset dalam bentuk tanah seluas 31.530 m2 itu adalah sebesar Rp 630 miliar," kata Rionald dalam keterangan tertulis, Rabu, 23 Februari 2022.

Ia menjelaskan, pihak-pihak yang saat ini melakukan kegiatan usaha di lokasi aset tanah itu, masih bisa melakukan kegiatan usahanya sampai dilakukan pengurusan lebih lanjut oleh Satgas BLBI.

Aset yang disita berupa tanah sesuai SHGB No. 17/Jagir seluas 31.530 meter persegi di Jalan Jagir Wonokromo, Kelurahan Jagir, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Aset itu adalah barang jaminan dari Kaharudin Ongko dalam rangka penyelesaian kewajiban pemegang saham kepada pemerintah.

Penyitaan adalah upaya negara untuk mendapatkan kembali dana BLBI yang telah dikucurkan kepada Bank Umum Nasional sebesar Rp 7,8 triliun.

Nantinya, usai aset Kaharudin Ongko disita, akan dilanjutkan dengan proses pengurusannya melalui mekanisme PUPN. Proses ini akan dilakukan dengan cara penjualan secara terbuka seperti lelang atau penyelesaian lainnya.

Kementerian Keuangan  sebelumnya menyebutkan bahwa upaya penagihan dan eksekusi telah dilakukan PUPN terhadap Kaharudin Ongko. Upaya paksa telah dilakukan dalam penagihan, salah satunya dalam bentuk pencekalan. (syam/TN)

Utang Rp 7,8 Triliun, Satgas BLBI Kembali Sita Aset Kaharudin Ongko di Surabaya Utang Rp 7,8 Triliun, Satgas BLBI Kembali Sita Aset Kaharudin Ongko di Surabaya   Reviewed by samsul huda on February 23, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD