Semen Grobogan Tahun Anggaran 2023 Ditarget Berikan Kontribusi ke Daerah Rp 20 Miliar - GROBOGAN TOP NEWS

Semen Grobogan Tahun Anggaran 2023 Ditarget Berikan Kontribusi ke Daerah Rp 20 Miliar

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Misbcah, anggota DPRD Grobopgan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengatakan, bahwa PT Semen Grobogan (SGB) ditarget memberikan kontribusi ke daerah sebesar Rp 20 miliar.

‘’Target itu tak bisa berkurang. Justru bisa bertambah lebih besar setelah terjadi itung-itungan riil antara Pemkab Grobogan dengan SGB tentang besaran kontribusi ke pendapatan asli daerah (PAD),’’ kata Misbach di Purwodadi, Selasa (7/2/2022).

Ia mengatakan kontribusi itu masih bersifat perkiraan. Karena PT Semen Grobogan belum beroperasi maksimal. Itu sebabnya proyeksi tersebut bisa berubah nominalnya menjadi lebih besar. Dan tak bisa turun di bawah angka proyeksi tersebut.

‘’Angka Rp 20 miliar itu didapat dari penetapan kontribusi PT Semen Grobogan ke PAD sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2010,’’ kata Misbach.

Perda itu menyebutkan bila PT Semen Grobogan sudah beroperasi penuh ditarget memberikan kontribusi ke PAD sebesar 20 persen dari pendapatan bersih.

Kontribusi itu katanya, beda dengan retribusi mineral bukan logam dan batuan (MBLB) yang sebelumnya disebut dengan istilah Galian C. Retribusi itu diitung sendiri sesuai volume bahan baku yang diproses untuk bahan memproduksi semen.

Sementara itu tahun anggaran 2022 ini besaran kontribusi PT Semen Grobogan ke PAD belum diitung karena pihak semen masih dalam taraf uji coba mesin.

Meski demikian SGB sudah mampu memproduksi 6.000 ton/hari sesuai tahapan uji coba mesin-mesin pengolah bahan baku, pengolahan bahan jadi dan mesin pengepakan.  

Ia mengatakan kontribusi SGB tahun ini menunggu itung-itungan antara BPKAD dengan PT Semen Grobogan. Itung-itungan itu baru akan dilakukan setelah pabrik semen pertama di daerah ini, melaunhing produksinya. Yaitu setelah masa uji coba mesin dinyatakan selesai oleh rekanan China Triumph International Ingineering Cp. Ltd.

‘’Setelah rekanan pabrik itu menyerahkan kunci ke PT Semen Grobogan, baru pihak pabrik melaunching produk-produknya. Disitulah akan diketahui besarnya nilai retribusi PT Semen Grobogan yang masuk ke pendatan asli daerah (PAD) tahun 2022 ini,’’ ujar Misbach. (syam/TN)

Semen Grobogan Tahun Anggaran 2023 Ditarget Berikan Kontribusi ke Daerah Rp 20 Miliar Semen Grobogan Tahun Anggaran 2023 Ditarget Berikan Kontribusi ke Daerah Rp 20 Miliar Reviewed by samsul huda on February 07, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD