PT Semen Grobogan Miliki Bahan Baku di Pegunungan Kendeng Selatan Seluas 890,66 Ha - GROBOGAN TOP NEWS

PT Semen Grobogan Miliki Bahan Baku di Pegunungan Kendeng Selatan Seluas 890,66 Ha

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – PT Semen Grobogan (SGB) memiliki bahan baku di Pegunungan Kendeng Selatan seluas 890,66 hektare. Bahan baku itu berada di wilayah Kecamatan Tanggungharjo dan Karangrayung. Di antaranya di Maskumambang Tanggungharjo seluas 41,36 ha, Watu Dukun Karangrayung 199,30 ha dan Condro Geni Karangrayung 650 ha.

‘’Dari bahan baku itulah, PT Semen Grobogan memprosesnya menjadi semen jadi,’’ kata Staf Khusus PT Semen Grobogan Tonny Santoso di Semarang, Selasa (8/2/2020).

Pabrik Semen Grobogan (SGB)  itu berdiri di Desa Sugihmanik dan Desa Kaliwenang Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Saat ini mulai memproduksi semen jadi 6.000 ton/hari. Meskipun masih dalam taraf uji coba mesin.

Bahkan produknya sudah dipasarkan ke seluruh wilayah Jateng/DIY dengan label SGB (Semen Grobogan). Semen pertama di Grobogan ini dikemas menjadi dua kemasan, yaitu kemasan 40 kg dan 50 kg.

Sebelumnya diberitakan PT Semen Grobogan mengajukan izin pendirian pabrik jauh hari sebelum krisis monoter tahun 1998. Tapi baru dapat mengantongi izin penambangan dan izin lokasi dari Pemkab Grobogan dan Pemprov Jateng Juli 2011.

‘’Januari 2012, tapak pabrik yang melintang panjang dan lebar di dua desa, yaitu Sugihmanik dan Kaliwenang mulai dikerjakan,’’ kata Tonny.

Adalah kontraktor Cina yaitu China Triumph International Ingineering Co. Ltd yang mengerjakan tapak pabrik semen itu. Tapak pabrik tersebut dibangun di atas lahan bekas pertanian seluas 54 hektare. Tanah pertanian tersebut dibebaskan PT Semen Grobogan tahun 1996.

Berapa besar investasi proyek pembangunan pabrik semen itu. Menurut Tonny, investasi pembangunan pabrik tersebut mencapai 300 juta US Dollar. Sebagian dari investasinya digunakan membebaskan blok penambangan bahan baku semen di Pegunungan Kendeng Selatan di Kecamatan Tanggungharjo dan Kecamatan Karangrayung. (syam/TN)

PT Semen Grobogan Miliki Bahan Baku di Pegunungan Kendeng Selatan Seluas 890,66 Ha PT Semen Grobogan Miliki Bahan Baku di Pegunungan Kendeng Selatan Seluas 890,66 Ha   Reviewed by samsul huda on February 08, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD