KPK Tahan Bupati Langkat Terbit, Adik Kandungnya, dan Tiga Kontraktor - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Tahan Bupati Langkat Terbit, Adik Kandungnya, dan Tiga Kontraktor

 

GTOPNEWS.COM - Bupati Langkat, Sumut, Terbit Rencana Perangin Angi KPK, seorang kades (adik kandung bupati), dan 3 orang kontraktor di Pemkab itu, ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap penerimaan hadiah atau janji terkait pengadaan barang/jasa tahun 2020-2022.

Mereka ditahan selama 20 hari ke depan mulai hari ini Rabu 19 Januari sampai 7 Februari 2022.

Mereka ditetapkan sebagai tersangka setelah tertangkap melalui OTT di Pemkab Langkat Selasa (18/1/2022) pukul 19.00 WIB.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, selain Bupati Langkat Terbit, KPK juga menahan
Kepala Desa Balai Kasih (saudara kandung Bupati Terbit) bernama Iskandar dan kontraktor Marcos Surya Abdi, Shuhanda Citra, dan Isfi Syahfitra.

Bupati Terbit dan Shuhandra ditahan
di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur. Marcos di Rutan Polres Metro Jakarta Pusat, Isfi di Rutan Polres Jakarta Timur dan Muara ditahan di Rutan KPK Gedung Merah Putih.

Ghufron menjelaskan, bahwa tersangka Iskandar belum ditahan hari ini karena masih menjalani pemeriksaan di Polres Binjai Sumut.

‘’Yang bersangkutan adalah tersangka terakhir yang ditangkap Tim Penindakan KPK di Pemkab Langkat,’’ kata Ghufron dalam konferensi pers di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (20/1/2022).

Sebelum ditahan mereka akan diisolasi 14 hari di Rutan KPK. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Rutan KPK.

Dalam kasus ini Bupati Terbit bersama Iskandar diduga mengatur lelang paket proyek – proyek pengadaan barang/jasa di Dinas PUPR Pemkab Langkat. Bupati Terbit memerintahkan Plt Kadinas PUPR Langkat Sujarno dan Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Suhardi berkoordinasi dengan Iskandar terkait pemilihan rekanan yang ditunjuk sebagai pemenang paket pekerjaan proyek – proyek di Dinas PUPR dan Dinas Pendidikan.

Untuk jadi pemenang lelang proyek – proyek itu, diduga Bupati Terbit melalui adik kandungnya Iskandar meminta fee secara persentase.

Nilai persentase itu besarnya 15 persen dari nilai pagu proyek untuk paket pekerjaan yang dilelangkan dan nilai persentase 16,5 persen untuk pagu paket pekerjaan penunjukan langsung.

Salah satu rekanan yang dimenangkan mengerjakan proyek di Dinas PUPR dan Dinas Pendidikan adalah Muara Perangin Angin. Untuk mengelabuhi pemeriksaan, dalam lelang proyek itu, dia  menggunakan beberapa bendera perusahaan. Total nilai paket proyek yang dikerjakan sebesar Rp 4,3 miliar.

Bupati Terbit juga mengerjakan sendiri proyek-proyek di Dinas PUPR melalui perusahaan milik adiknya Iskandar. (syam/TN)

KPK Tahan Bupati Langkat Terbit, Adik Kandungnya, dan Tiga Kontraktor KPK Tahan Bupati Langkat Terbit, Adik Kandungnya, dan Tiga Kontraktor Reviewed by samsul huda on January 20, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD