Pemkab Grobogan 2022 Pinjam Dana Rp 115 Miliar untuk Perbaiki 37 Ruas Jalan yang Rusak - GROBOGAN TOP NEWS

Pemkab Grobogan 2022 Pinjam Dana Rp 115 Miliar untuk Perbaiki 37 Ruas Jalan yang Rusak

 

GROBOGAN (GTopNews.Com)  – Pemkab Grobogan tahun anggaran 2022 memastikan pinjam dana Rp 115 miliar ke Bank Jateng untuk memperbaiki 37 ruas jalan kabupaten yang kedapatan rusak.

‘’Pengajuan pinjaman itu telah disetujui DPRD. Targetnya akhir tahun 2022 kondisi jalan kabupaten yang diperbaiki dengan dana tersebut bertambah 35,38 km,’’ kata Sekretaris Dinas PUPR Grobogan Wahyu Tri Darmawanto di Purwodadi, Rabu (29/12/2021).

Ia mengatakan, pembangunan peningkatan jalan kabupaten tahun anggaran 2022 masih menjadi program unggulan sebagaimana tahun anggaran sebelumnya. Karena dari panjang jalan kabupaten 917 km, sampai tahun 2021 tercatat 741 km yang sudah diperbaiki.

Wahyu menjelaskan sampai saat ini jalan kabupaten itu masih ada kerusakan 176 km.  Dari panjang kerusakan tersebut, targetnya tahun anggaran 2022 dapat diperbaki 35 km. Kekurangannya 141 km akan diperbaiki secara bertahap pada tahun anggaran berikutnya.

Pembangunan peningkatan jalan kabupaten itu katanya sepenuhnya menggunakan konstruksi cor beton bertulang. Hal ini dilakukan karena kondisi dasar jalan di Grobogan umumnya labil, maka kurang cocok ditangani dengan kontruksi aspal hotmix.

APBD Grobogan 2022 peningkatan infrastruktur di Dinas PUPR mendapatkan alokasi anggaran Rp 289,7 miliar. Dari jumlah itu Rp 24,2 miliar di antaranya untuk program penunjangan urusan pemerintah daerah,  kemudian Rp 50,3 miliar untuk program pengelolaan sumber daya air (SDA), dan Rp 7,4 miliar untuk program pengelolaan dan pengembangan drainase.

Selebihnya Rp Rp 206 miliar untuk mendanai program penyelenggaraan jalan, dan Rp 1,4 miliar untuk program penyelenggaraan penataan ruang.

Adapun 37 paket perbaikan jalan itu, tersebar di beberapa daerah kecamatan. Diantaranya peningkatan ruas Jalan Brati-Sembukan, Karangsari-Menduran, Temon-Lemah Putih, Keyongan-batas Kabupaten Sragen, Keyongan-Suwatu,  Karanganyar-batas Kabupaten Sragen, Jambon-Karanganyar, dan Rejosari-Teguhan.

Beikutnya peningkatan ruas Jalan Mangin-Tlawah, Glapan-Penadaran, Gadong-Gunung Tumpeng, Karanglangu-Panimbo, Ngombak-Prigi,  Jenengan-Wonosoco, dan Klambu-Terkesi.

Kemudian peningkatan ruas Jalan Kalisari-Rejosari, Kuwu-Dumpil,  Ngaringan-Waduk, Sumberagung-Ngaringan, Pengkol-Bendungan, Toko-Watupawon, Tuko-Mlowo, Mlowo-Randurejo, Jambon-Jatiharjo, Kedungrejo-Nambuhan dan Dadabong-Karanganyar.

Lalu peningkatan ruas Jalan Tanggungharjo-Padang, Kapung-Glapan, Plosorejo-Tanggungharjo, Jono-Selo, Tegowanu-Tanggungharjo, Gubug-Tunjungharjo, Toroh-Ngebok, Toroh-Dimoro, Warukaranganyar-Kenteng,  Dokoro-Karangasem dan Wirosari-Pendem. (syam/TN)

Pemkab Grobogan 2022 Pinjam Dana Rp 115 Miliar untuk Perbaiki 37 Ruas Jalan yang Rusak Pemkab Grobogan 2022 Pinjam Dana Rp 115 Miliar untuk Perbaiki 37 Ruas Jalan yang Rusak Reviewed by samsul huda on December 29, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD