Mantan Menteri Pertanian Amran Diperiksa KPK terkait Kasus Tambang Bupati Konawe Utara - GROBOGAN TOP NEWS

Mantan Menteri Pertanian Amran Diperiksa KPK terkait Kasus Tambang Bupati Konawe Utara

 

GTOPNEWS.COM - Mantan Menteri Pertanian (Mentan)  Amran Sulaiman telah diperiksa penyidik KPK  di Mapolda Sulawesi Tenggara, Kamis (18/11/2021). Dia diperiksa dalam statusnya sebagai saksi dari kasus yang menjerat Bupati Konawe Utara Aswad Sulaiman.

Plt Jubir KPK Ipi Maryati Kuding mengatakan, bahwa eks Mentan RI itu adalah Direktur PT Tiran Indonesia yang bergerak di pertambangan nikel.

‘’Yang bersangkutan didengar keterangannya dalam kasus dugaan suap pemberian izin kuasa pertambangan eksplorasi, eksploitasi dan izin usaha pertambangan operasi produksi dari Pemkab Konawe Utara tahun 2007-2014,’’ kata Ipi di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2021).

Amran juga dikonfirmasi penyidik KPK terkait kepemilikan tambang nikel di Kabupaten Konawe Utara.

Pemeriksaan Amran kali ini merupakan pemanggilan ulang. Sebelumnya dia tidak datang memenuhi panggilan pemeriksaan KPK dengan alasan ada tugas mendesak yang tak dapat ditinggalkan. Maka yang bersangkutan minta dijadwalkan ulang.

Sebelumnya KPK menetapkan mantan Bupati Konawe Utara Aswad Sulaiman sebagai tersangka korupsi pemberian izin pertambangan di Pemkab itu. Perbuatan tersangka diduga merugikan negara sebesar Rp 2,7 triliun.

Perbuatan itu dilakukan Aswad saat menjabat Bupati Konawe Utara 2007-2009 dan 2011-2016. Dia diduga memberikan izin pertambangan dengan cara melawan hukum.

Aswad sendiri diduga menerima suap dari sejumlah perusahaan nikel sebesar Rp 13 miliar.  (syam/TN)

Mantan Menteri Pertanian Amran Diperiksa KPK terkait Kasus Tambang Bupati Konawe Utara Mantan Menteri Pertanian Amran Diperiksa KPK terkait Kasus Tambang Bupati Konawe Utara Reviewed by samsul huda on November 19, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD