KPK Dalami Transaksi Mencurigakan terkait Penanganan Pandemi Covid-19 - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Dalami Transaksi Mencurigakan terkait Penanganan Pandemi Covid-19

 

GTOPNEWS.COM -  KPK tengah menelaah laporan transaksi mencurigakan terkait penanganan pandemi Covid-19 dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, bahwa pihaknya segera berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga  negara guna mendalami transaksi pengadaan barang/jasa pandemi Covid-19. Misalnya mengenai pengadaan alat-alat kesehatan, obat-obatan untuk pasien Covid-19, PCR , alat pelindung diri (APD), bansos, biaya pemakaman jenazah Covid-19 dan banyak lagi yang lainnya.

‘’Terkait transaksi mencurigakan ini, kita akan dalami dengan berkordinasi dengan kementerian dan lembaga – lembaga negara yang menangani penanganan Covid-19," kata Alex di Jakarta, Jumat (19/11/2021).

Alex mengatakan PPATK tak punya kewenangan mendalami transaksi itu. Pusat pelaporan ini hanya berwenang melaporkan transaksi tersebut ke penegak hukum, terutama KPK.

"Itu sebabnya KPK langsung merespon laporan PPATK itu,’’ ujar Alex.

Selain PPATK, laporan transaksi mencurigakan itu, juga didapat dari masyarakat di daerah-daerah. Laporan tersebut akan dicocokkan dengan temuan PPATK guna memperkuat pembuktian dari jalannya penyidikan.

Dalam soal ini kata Alex, KPK akan menelaah predicate crimenya. Karena dalam soal ini wewenang KPK berada di tingkatan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait tipikor (tindak pidana korupsi). (syam/TN)

KPK Dalami Transaksi Mencurigakan terkait Penanganan Pandemi Covid-19 KPK Dalami Transaksi Mencurigakan terkait Penanganan Pandemi Covid-19 Reviewed by samsul huda on November 19, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD