KPK Ungkap Aparat Pengawas Internal di Daerah Tidak Netral - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Ungkap Aparat Pengawas Internal di Daerah Tidak Netral

 

GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, bahwa Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) atau di daerah disebut dengan Badan Pengawas Daerah (Bawasda) banyak yang tidak netral.

‘’Pengawas – pengawas itu kebanyakan tunduk pada kepala daerah karena merasa sebagai atasannya,’’ kata Alex di Jakarta, Kamis (7/10/2021).

Ia mengatakan pengawas internal di daerah-daerah itu masih di bawah kendali kepala daerah, sehingga hasil pengawasan cenderung tidak independen.

Seharusnya lanjut Alex,  pengawas internal tidak boleh tunduk pada kepala daerah. Dan tetap menindak jika kepala daerah melakukan pemufakatan jahat.

Pihaknya menyatakan siap mendidik seluruh pengawas internal di Indonesia agar independen.

Ketika KPK di bawah pimpinan Agus Rahardjo pernah mengusulkan ke Presiden Jokowi agar pengawas internal di daerah-daerah diubah statusnya di bawah kendali Kemendagri. Sehingga dalam menjalankan tugasnya menjadi lebih independen.

"Ini sebetulnya sudah kami upayakan untuk peningkatan dari independensi inspektorat itu, agar dalam menjalankan pengawasan utamanya menyangkut laporan masyarakat lebih bisa dipercaya hasilnya," kata Alex.

Ia meminta pengawas internal di daerah-daerah menjaga independensi dan tak tunduk kepada kepala daerah. Yaitu bekerja sesuai koridornya masing-masing guna membangun integritas dan upaya perbaikan di daerah. (syam/TN)

 

KPK Ungkap Aparat Pengawas Internal di Daerah Tidak Netral KPK Ungkap Aparat Pengawas Internal di Daerah Tidak Netral Reviewed by samsul huda on October 07, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD