KPK Nyatakan Siap Tindaklanjuti Laporan Jual Beli Jabatan dalam Proses Mutasi Jabatan - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Nyatakan Siap Tindaklanjuti Laporan Jual Beli Jabatan dalam Proses Mutasi Jabatan

 

GTOPNEWS.COM - KPK menyatakan siap menindaklanjuti jika pimpinan daerah  kedapatan bermain suap dan nepotisme dalam rekrutmen dan mutasi jabatan.

Demikian dikatakan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Ia mengatakan proses rekrutmen dan mutasi jabatan pegawai negeri sipil (PNS) di tanah air masih sarat masalah.

Alex mengaku mendapat laporan dari banyak pihak terkait nepotisme saat rekrutmen dan mutasi jabatan PNS di instansi pemerintah.

"Bahkan satu dari lima pegawai menyatakan bahwa terdapat nepotisme dalam penerimaan pegawai. Ini masalah, dan harus menjadi perhatian bersama," kata Alex.

Pernyataannya itu dinilai bukan isapan jempol. Tapi diketahui dari survei penilaian integritas (SPI) KPK tahun 2019.

Survei SPI ini katanya untuk mengukur tingkat integeritas kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Terkait dengan itu, KPK juga menemukan banyak tindakan suap di instansi pemerintahan dalam proses promosi jabatan maupun mutasi jabatan.

"Ya jual beli jabatan masih mewarnai promosi dan mutasi jabatan. Bahkan 63 persen instansi pemerintah menerima suap dalam pengisian jabatan," ujarnya.

Pihaknya meminta seluruh pimpinan di kantor-kantor pemerintahan ikut mengawasi proses rekrutmen dan mutasi jabatan. Jangan malah ikut bermain dalam dalam mutasi jabatan itu untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.  (syam/TN)

KPK Nyatakan Siap Tindaklanjuti Laporan Jual Beli Jabatan dalam Proses Mutasi Jabatan KPK Nyatakan Siap Tindaklanjuti Laporan Jual Beli Jabatan dalam Proses Mutasi Jabatan Reviewed by samsul huda on October 15, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD