Kementerian PUPR Tuntaskan Rehabilitasi Bendung Glapan di Grobogan Hingga 2023 - GROBOGAN TOP NEWS

Kementerian PUPR Tuntaskan Rehabilitasi Bendung Glapan di Grobogan Hingga 2023

 

GTOPNEWS.COM – Kementerian PUPR melanjutkan pembangunan rehabilitasi Bendung Glapan di Desa Glapan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan, Jateng. Rehabilitasi itu meliputi pembangunan intake kanan dan kiri, perbaikan jaringan irigasi primer – skekunder, penguatan tebing dan pengadaan mesin jenset kapasitas besar, rumah penjaga dan lainnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan rehabilitasi itu merupakan bentuk dukungan terhadap program peningkatan pangan nasional yang berkelanjutan.

‘’Rehabilitasi DI Glapan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tercantum dalam Peraturan Presiden No. 109 Tahun 2020,’’ kata Basuki di Jakarta dalam relisnya, Selasa (11/10/2021).

Ia mengatakan rehabilitasi Bendung Glapan merupakan program unggulan Kementerian PUPR di samping penyelesaian bendungan on-going dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

Menurutnya pembangunan bendungan harus dibarengi dengan pembangunan jaringan irigasi. Dengan itu bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat nyata bagi petani.

Menteri Basuki menjelaskan Bendung Glapan di Gubug Grobogan awalnya dibangun tahun 1852-1859 oleh Pemerintahan Kolonial Belanda. Konstruksinya  berupa ambang pasangan batu disertai bidang terjunan panjang sehingga membentuk seperti saluran miring.

Terkait luas areal layanan DI Glapan dikatakan sesuai Permen PUPR No.14/PRT/2015 adalah 18.740 Ha, terdiri Intake Kiri DI Glapan Barat seluas 10.113 Ha, dan Intake Kanan untuk DI Glapan Timur  seluas 8.671 Ha.

Kegiatan rehabilitasi Bendung Glapan sepenuhnya ditangani Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) sejak 2018 dengan target penyelesaian di 2023.

DI Glapan Timur tahun 2018 direhabilitasi melalui APBN. Rehabilitasi itu  meliputi pekerjaan normalisasi bagian hulu Bendung Glapan, disertai pekerjaan normalisasi dan perkuatan tebing saluran sekunder Desa Mlilir sepanjang 2 km.

Kemudian 2019 melalui pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), rehabilitasi tersebut dilanjutkan meliputi pekerjaan normalisasi dan perkuatan tebing saluran induk sepanjang 2 km, normalisasi dan perkuatan tebing saluran sekunder Mlilir sepanjang 4 km, normalisasi dan perkuatan tebing saluran sekunder Doreng sepanjang 8 km

Pada 2020-2021 melalui pembiayaan SBSN kegiatan itu dilanjutkan lagi meliputi pekerjaan normalisasi dan perkuatan tebing saluran induk sekitar 535 meter, normalisasi dan perkuatan tebing saluran sekunder Gubug sepanjang 5 km, normalisasi dan perkuatan tebing saluran sekunder Dangi sepanjang 18.3 km, serta lanjutan perkuatan tebing saluran sekunder Doreng sepanjang 1.35 km.

Selain itu juga dilaksanakan rehabilitasi bangunan rumah jaga bendung, rumah genset, rumah pintu, mekanisasi pintu intake, serta pekerjaan parapet di hulu Bendung Glapan.

Pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi DI Glapan ini direncanakan untuk dituntaskan melalui multi years (MYC) tahun 2021-2023. Dimana untuk DI Glapan Timur meliputi pekerjaan persiapan, bendung, rehabilitasi saluran, dan jalan inspeksi.

DI Glapan Barat meliputi pekerjaan persiapan, saluran induk, saluran sekunder, garasi alat berat, pekerjaan lansekap, dan jalan inspeksi.

Rehabilitasi Bendung Glapan yang diikuti dengan jaringan irigasinya ini diharapkan dapat meningkatkan luas areal tanam padi di Kabupaten Grobogan dan Demak.

Peningkatan efisiensi saluran irigasi sebelumnya berupa saluran tanah (efisiensi air 60 persen) menjadi saluran pasangan (efisiensi air 80 persen), akan ada peningkatan indeks penanaman (IP) padi sebelumnya 179 persen menjadi 240 persen.

Atau  tambahan areal tanam padi sebesar 21 persen di musim tanam kedua (MT2), dan tambahan areal tanam padi sebesar 40 persen di musim tanam ketiga (MT3). (syam/TN)

Kementerian PUPR Tuntaskan Rehabilitasi Bendung Glapan di Grobogan Hingga 2023 Kementerian PUPR Tuntaskan Rehabilitasi Bendung Glapan di Grobogan Hingga 2023 Reviewed by samsul huda on October 12, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD