KPK Sidik Suap DPRD terkait Pengesahan APBD Muara Enim TA 2019 - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Sidik Suap DPRD terkait Pengesahan APBD Muara Enim TA 2019

GTOPNEWS.COM – Penyidik KPK melanjutkan pengembangan kasus dugaan korupsi proyek – proyek jalan di Dinas PUPR dan pengesahan APBD Kabupaten Muara Enim (Sumatera Selatan) tahun anggaran (TA) 2019.  

Kasus itu menjerat mantan Bupati Muara Enim Ahmad Yani, Bupati Nonaktif Juarsah, mantan Ketua DPRD Muara Enim Arie HB dan 5 tersangka lainnya.

Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan penyidikan kasus itu baru dimulai September 2021. Yaitu setelah sejumlah tersangka termasuk mantan Bupati Muara Enim Ahmad Yani berkekuatan hukum tetap dieksekusi ke Rutan Palembang.

"Kasus pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji terkait pengadaan barang dan jasa di Dinas PUPR dan suap pengesahan APBD Muara Enim Tahun 2019 saat ini tengah kami sidik," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (29/9/2021).

Ali mengatakan tim penyidik KPK selesai menggeledah sejumlah ruangan di DPRD Muara Enim. Karena anggota DPRD itu diduga menerima suap terkait dengan pengesahan APBD Muara Enim tahun anggaran 2019.

Tim penyidik KPK juga telah memeriksa beberapa saksi terkait perkara yang tengah disidik.

KPK lanjut Jubir KPK Ali Fikri, masih bekerja keras mengumpulkan alat bukti di Muara Enim. Bersamaan itu Tim Penyidik KPK akan melakukan pemanggilan terhadap para saksi guna melengkapi alat bukti.

Pihaknya berjanji akan terus menginformasikan perkembangan perkara ini ke publik.  Ia juga meminta masyarakat berperan aktif mengawasi jalannya penyidikan.

"Setelah alat bukti dan saksi-saksi lengkap, KPK akan menyampaikan konstruksi perkaranya ke pbulik melalui konferensi pers,’’ ujar Ali.

Bahkan pasal-pasal yang disangkakan, dan pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, juga akan disampaikan secara lengkap saat dilakukan penangkapan dan penahanan.
"KPK akan terus menyampaikan update penanganan perkaranya agar masyarakat bisa turut mengawal dan mengawasinya sebagai bentuk transparansi terhadap pelaksanaan tugas-tugas pemberantasan korupsi," katanya. (syam/TN)
KPK Sidik Suap DPRD terkait Pengesahan APBD Muara Enim TA 2019  KPK Sidik Suap DPRD terkait Pengesahan APBD Muara Enim TA 2019 Reviewed by samsul huda on September 29, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD