Kasus Korupsi Pemkab Banjarnegara, KPK Dalami Lelang Proyek- proyek Infrastruktur - GROBOGAN TOP NEWS

Kasus Korupsi Pemkab Banjarnegara, KPK Dalami Lelang Proyek- proyek Infrastruktur

 

GTOPNEWS.COM - Penyidik KPK memanggil Kepala Bagian Pembangunan/Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Banjarnegara, Jawa Tengah,  tahun 2015-2018, Joi Setiawan.

Dia dipanggil  untuk diperiksa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan gratifikasi di Dinas PUPR Banjarnegara tahun anggaran 2017-2018. Tapi Joi tidak hadir tanpa keterangan yang jelas.

Plt Jubir   KPK Ali Fikri mengatakan, bahwa Joi tidak memberikan konfirmasi atas ketidakdatangannya ke KPK.  

Belakangan didapatkan informasi bahwa Joi sudah meninggal dunia.

"Informasi yang kami terima bahwa yang bersangkutan telah meninggal dunia," kata Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (26/8/2021).

Tidak dijelaskan yang bersangkutan meninggal dunia setelah terjadi penggeledahan di Pemkab Banjarnegara, atau setelahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR/PPK Proyek Infrastruktur Pemkab Banjarnegara Arqom Al Fahmi datang memenuhi panggilan KPK.

"Saksi itu hadir dan dikonfirmasi terkait proses pelelangan beberapa proyek infrastruktur di Pemkab Banjarnegara," kata Ali Fikri.

Dalam kasus ini KPK telah menggeledah beskamp PT SW di Jalan Yasadiwirya Penaruban, Kaligondang, Purbalingga, Rabu (11/8/2021).

Dan menggeledah sebuah rumah kontraktor di Jalan Dipokusumo, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga.

Dalam penggeledahan itu, KPK menemukan dan menyita berbagai dokumen dan bukti elektronik yang diduga terkait dengan perkara yang tengah disidik.

KPK juga menggeledah Rumah Dinas Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di Jalan Dipayuda Kelurahan Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Selasa (10/8/2021).

KPK juga menggeledah Kantor Bupati Banjarnegara dan sebuah rumah kediaman di Krandengan, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara.

Di tiga lokasi itu, KPK menemukan dan mengamankan berbagai dokumen yang diduga terkait dengan perkara tersebut.

KPK juga mengeledah Kantor Dinas PUPR Banjarnegara dan kantor kontraktor PT BR, Senin (9/8/2021).

Dari penggeledahan ditemukan berbagai dokumen dan barang elektronik yang diduga terkait dengan perkara.

"Dari dokumen yang disita itulah yang dikonfirmasi dengan saksi tersebut," ujarnya.

Sebelumnya KPK juga memeriksa Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjarnegara Tatag Rochyadi dan Kabid Penyelenggaraan e-Government Dinas Komunikasi dan Informartika Kabupaten Banjarnegara, Veriyanto.  

Dalam kasus ini KPK belum menetapkan siapa tersangkanya. Tapi sudah mengantongi calon tersangkanya. Rencananya kronologi kasus dan pihak-pihak yang dijadikan tersangka diumumkan saat dilakukan penangkapan dan penahanan tersangka. (syam/TN)

Kasus Korupsi Pemkab Banjarnegara, KPK Dalami Lelang Proyek- proyek Infrastruktur Kasus Korupsi Pemkab Banjarnegara, KPK Dalami Lelang Proyek- proyek  Infrastruktur Reviewed by samsul huda on August 26, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD