Serah Terima Turn Key dari Kontraktor Cina CTIEC ke PT Semen Grobogan Dipastikan Tertunda - GROBOGAN TOP NEWS

Serah Terima Turn Key dari Kontraktor Cina CTIEC ke PT Semen Grobogan Dipastikan Tertunda

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Serah terima kunci (Turn Key) sebagai akhir kontrak pekerjaan proyek pembangunan pabrik semen di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, dari kontraktor Cina yaitu Cina Triumph International Ingineering Co Ltd (CTIEC) kepada PT Semen Grobogan selaku investor pabrik itu, dipastikan mundur dari yang dijadwalkan. Sebab kontraktor asing tersebut belum dapat menyelesaikan pekerjaaanya hingga akhir November 2020.

GM PT Semen Grobogan Tonny Santoso mengatakan pekerjaan di unit permesinan, bangunan gudang, kantor, unit produksi dan lainnya sebenarnya tinggal finishing.  Tapi karena pekerjanya dalam menyelesaikan pekerjaan itu, harus memperhatikan protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19, menyebabkan hasilnya tak sesuai target.

‘’Itu sebabnya semua pekerjaan tak dapat diselesaikan tepat waktu, sesuai kontrak,’’ kata Tonny di Purwodadi, Selasa (24/11/2020).

Sesuai kontrak katanya, akhir Nopember 2020 ini semua unit pekerjaaan di pabrik semen itu selesai dikerjakan 100 persen. Sehingga penyerahan kunci (turn key) dari kontraktor CTIC ke PT Semen Grobogan dapat dilaksanakan bulan ini. Dan sesuai rencana Desember 2020 pabrik mulai beroperasi.  

‘’Karena pandemi Covid-19 itu, penyerahan kunci jadi tertunda. Tapi tak apa karena awal tahun 2021 dipastikan pabrik semen satu-satunya di Grobogan tersebut mulai beroperasi,’’ ujar Tonny.

Pihaknya kini tengah menghitung jadwal penundaan penyerahan kunci sebagai tanda akhir kontrak.

Investasi proyek pembangunan pabrik semen itu mencapai 350 juta US Dolar, atau sekitar Rp 3,5 triliun.

Sebelumnya pembebasan tanah untuk pabrik itu selesai tahun 1992. Saat itu pembangunannya direncanakan berlangsung tahun 1997, tapi tertunda akibat krisis moneter.

Awalnya investor pabrik semen itu adalah PT Gajah Tunggal. Tapi bos Gajah Tunggal Syamsul Nursalim terkena kasus gagal bayar Bank Century. Akhirnya dilempar ke pihak lain, dan pembangunannya sendiri baru terealisasi tahun 2018. (syam/TN)

Serah Terima Turn Key dari Kontraktor Cina CTIEC ke PT Semen Grobogan Dipastikan Tertunda Serah Terima Turn Key dari Kontraktor Cina CTIEC ke PT Semen Grobogan Dipastikan Tertunda Reviewed by samsul huda on November 24, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD