KPK Tahan Menteri Edhy Prabowo dan Empat Tersangka Lainnya di Rutan Merah Putih - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Tahan Menteri Edhy Prabowo dan Empat Tersangka Lainnya di Rutan Merah Putih

 

GTOPNEWS.COM - KPK menahan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Rutan KPK, Kamis (26/11/2020) dini hari tadi. Ia ditahan bersama tersangka lainnya setelah ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan ekspor benih lobster (benur). 

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan para tersangka saat ini dilakukan penahanan rutan selama 20 hari terhitung sejak tanggal 25 November 2020 sampai dengan 14 Desember 2020.

‘’KPK menetapkan 7 orang sebagai tersangka. Namun baru lima orang tersangka yang ditahan di Rutan Cabang Gedung Merah Putih," kata Nawawi dalam konferensi pers di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (25/11/2020).

Kelimanya tersangka itu adalah Edhy Prabowo, Safri, Siswadi, Ainul Faqih, dan Suharjito.

KPK menyta barang bukti dari tangan tersangka di antaranya jam rolex, tas LV, sepeda bropton, ATM dan lainnya. 

Ia menjelaskan ada 2 tersangka di kasus ini yang belum ditangkap dan diimbau untuk menyerahkan diri. Dua tersangka itu adalah staf khusus Edhy Prabowo sekaligus Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas (Due Diligence) Perizinan Usaha Perikanan Budidaya Lobster, Andreau Pribadi Misanta (APM) dan Amiril Mukminin (AM).

Dua orang tersangka itu belum berhasil ditangkap karena saat dilakukan penangkapan keduanya tak berada di rumah. KPK mengimbau kepada kedua tersangka yaitu APM dan AM untuk segera menyerahkan diri ke KPK.

Tujuh tersangka dalam kasus ini adalah Edhy Prabowo (EP) sebagai Menteri KKP, Safri (SAF) sebagai stafsus menteri,Andreau Pribadi Misanta (APM) sebagai stafsus menteri,
Siswadi (SWD) sebagai pengurus PT Aero Citra Kargo (PT ACK), Ainul Faqih (AF) sebagai staf istri Menteri KKP, Amiril Mukminin (AM) 
sebagai pemberi, dan Suharjito (SJT) sebagai Direktur PT Dua Putra Perkasa Pratama (PT DPPP).

Edhy Prabowo ditangkap melalui OTT KPK di Bandara Soetta Cengkareng, Rabu (25/11/2020) pukul 00.30 dini hari. Sebelumnya Edhy Prabowo dan rombongan melawat ke Hawaii, Amerika Serikat (AS) pulang ke Indonesia transit di Jepang. Total ada 17 orang yang diamankan KPK termasuk istri Edhy Prabowo bernama Iis Rosyati Dewi.

Iis sendiri dilepas KPK. Dia tidak ditetapkan menjadi tersangka. Menteri Edhy Prabowo saar di Amerika Serikat belanja sejumlah barang mewah hinga menghabiskan uang Rp 750 juta. Uang itu, diduga hasil dari suap ekspor benih lobster

Nawawi mengatakan sejumlah barang mewah yang dibeli Edhy Prabowo dan istri antara lain jam tangan Rolex, tas Tumi, tas Louis Vuitton, hingga baju Old Navy. Adapun transaksi mengenai uang suap itu mencapai Rp 9,8 miliar dilakukan pada tanggal 21 sampai 23 November 2020 melalui ATM. (syam/TN)

KPK Tahan Menteri Edhy Prabowo dan Empat Tersangka Lainnya di Rutan Merah Putih KPK Tahan Menteri Edhy Prabowo dan Empat Tersangka Lainnya di Rutan Merah Putih Reviewed by samsul huda on November 26, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD