KPK Sidik Proyek Korupsi Pembangunan Stadion Mandala Krida Yogja - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Sidik Proyek Korupsi Pembangunan Stadion Mandala Krida Yogja

 

GTOPNEWS.COM – Lagi, KPK tengah melakukan penyidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Adalah dugaan korupsi pembangunan stadion Mandala Krida di daerah itu, yang tengah diusut.

Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan proyek pembangunan stadion itu, dibiayai APBD tahun anggaran (TA) 2016-2017. Untuk tahun 2016 dianggarkan Rp 41,2 miliar, dan tahun 2017 Rp 44,5 miliar.

‘’Saat ini Tim KPK diterjunkan ke Yogja melakukan penyidikan dugaan korupsi proyek pembangunan stadion itu," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (23/11/2020).

Tidak dijelaskan mengapa KPK baru sekarang mengadakan penyidikan pembangunan proyek stadion itu. Padahal kasusnya muncul sejak tahun 2018.

Ali juga belum bisa menyampaikan pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka.

"Maaf kami belum bisa memberikan informasi lebih detail, termasuk siapa tersangkanya karena masih melakukan penyidikan. Nanti perkembangannya kita informasikan lebih lanjut," ujarnya.

Ali mengatakan penetapan tersangka nanti dilakukan bersamaan dengan penahanan.

Diperoleh keterangan, proyek  itu bermasalah sejak tahun 2018. Sebab diduga terjadi persekongkolan dalam tender. Pihak-pihak yang tidak puas melaporkannya ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Dalam rekomendasinya KPPU menjatuhkan sanksi terhadap beberapa terlapor di antaranya sejumlah kontraktor. Mereka diharuskan membayar denda Rp 7,8  miliar karena melanggar Pasal  UU 5/199 tentang praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

Atas rekomendasi itu, pihak kontraktor mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Belakangan MA menolak permohonan tersebut. Dan mewajibkan enam kontraktor membayar denda Rp 7,8 miliar dari pembangunan proyek stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Enam kontraktor itu adalah PT Duta Mas Indah, PT Kenanga Mulya, PT Lima Tujuh Tujuh, PT Bimapatria Pradanaraya, PT Permata Nusantara dan PT Eka Madra Sentosa. (syam/TN)

 

KPK Sidik Proyek Korupsi Pembangunan Stadion Mandala Krida Yogja KPK Sidik Proyek Korupsi Pembangunan Stadion Mandala Krida Yogja Reviewed by samsul huda on November 23, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD