KPK Nyatakan Siap Tangani Skandal Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Nyatakan Siap Tangani Skandal Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan

 

GTOPNEWS.COM – KPK menyatakan siap menangani kasus skandal gagal bayar di industri keuangan di Indonesia.

Kesiapan komisi anti rasuah itu diungkap oleh Ketua KPK Firli Bahuri kepada awak media di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Pihaknya memastikan segera mendalami setiap informasi adanya dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) di sektor industri keuangan yang kini ramai diberitakan sebagai industri gagal bayar.

Sekaligus hal itu menjawab permintaan Komisi III DPR RI. Sebelumnya dlam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi III meminta KPK ikut mengusut skandal gagal bayar di industri keuangan Indonesia.

Firli mengaku mengapresiasi permintaan dari Komisi III DPR.

Komisi III DPR meminta KPK turun tangan karena kasus gagal bayar itu marak terjadi  di sektor industri keuangan. KPK juga diminta menelusuri dugaan konspirasi antara lembaga pengawas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada para tersangka korupsi di sektor tersebut.

Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan menyampaikan, maraknya kasus gagal bayar di industri keuangan harus dituntaskan. Dalam kasus ini KPK diminta turun tangan menanganinya hingga tuntas.

Trimedya mengatakan tak hanya Polri dan Kejagung yang menangani kasus gagal bayar itu. Tapi KPK harus bisa menjerat pihak-pihak yang belum tersentuh Polri dan Kejagung.

Sebagai lembaga supervisi katanya,  KPK sudah harus melakukan hal itu dan harusnya tanpa diminta DPR automatis  turun lebih cepat dibanding lembaga penegak hukum yang lain.

Ada beberapa perusahaan yang bergerak di sektor keuangan yang mengalami gagar bayar. Misalnya saja di sektor koperasi, mulai dari Koperasi Indo Surya, Koperasi Hanson, LiMa Garuda, Koperasi Pracico, dan Koperasi Sejahtera Bersama. Kemudian di sektor investasi dan pengelolaan aset, yaitu Minna Padi Asset Management, Victoria Manajemen Investasi, Mahkota Investama, Emco Asset Management, Narada Asset Management dan yang terbaru ialah Indosterling Optima Investama.

Sementara di sektor asuransi terdapat beberapa perusahaan yang bermasalah seperti PT Asuransi Bumiputera (AJB), PT Asuransi Jiwasraya, Wanaartha Life, dan Kresna Life.

Kasus Jiwasraya sudah selesai, tinggal Wanaartha dan Asabari. Dan itu harus dituntaskan. Kalau Wanaartha agak rumit karena ada kaitannya sama Benny Tjokro (Salah satu terdakwa kasus Jiwasraya).

Seperti diketahui, Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita aset milik pribadi Benny Tjokro di WanaArtha Life. Aset yang disita itu bukan aset milik nasabah WanaArtha Life.

Trimedya mendorong KPK menelusuri lemahnya pengawasan OJK sehingga terjadi marak gagal bayar di sektor industri keuangan. Malahan Trimedya menduga ada pembiaran yang dilakukan pejabat OJK, sehingga praktik korupsi di sektor ini terus berjalan.

Sebelumnya satu mantan pejabat OJK, eks Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Fakhri Hilmi ditetapkan menjadi tersangka pidana megakorupsi Jiwasraya. (syam/TN)

KPK Nyatakan Siap Tangani Skandal Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan KPK Nyatakan Siap Tangani Skandal Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan Reviewed by samsul huda on November 19, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD